Kodim 0711/Pemalang Terus Dukung Percepatan Pembangunan Daerah

TANDATANGANI: Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf. Muhammad Arif saat menandatangani penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II 2024, di Lapangan Desa Penakir, Kecamatan Pulosari, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Kodim 0711/Pemalang telah melaksanakan apel penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran (TA) 2024 di Lapangan Desa Penakir, Kecamatan Pulosari, belum lama ini. Dengan demikian, diharapkan TNI dapat terus bersinergi bersama masyarakat mendukung percepatan pembangunan daerah, khususnya di Pemalang.

Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf. Muhammad Arif mengucapkan, rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mau berkontribusi dan mendukung program itu. Lantaran, TNI mampu bergerilya membantu masyarakat dengan membangun berbagai fasilitas umum, dari infrastruktur fisik maupun non fisik yang dibutuhkan.

Baca juga:  Dindikbud Pemalang Jamin PPDB Gratis dan Tidak Ada Pungli

“Selayaknya di medan perang, kemenangan tidak mampu terjadi jika yang berjuang hanya satu orang saja. Begitu juga Kodim 0711/Pemalang, tidak dapat bergerak sendiri melaksanakan program ini dan senantiasa membutuhkan dukungan semua pihak. Adapun totalnya sudah delapan dekade kita berkerja sama membangun daerah,” paparnya, belum lama ini.

Arif menjelaskan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 di Desa Penakir memiliki tema Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah. Maknanya, setiap anggota TNI bersama Pemerintah Daerah, POLRI dan warga secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum. Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Baca juga:  Harso Susilo Dilantik sebagai Kepala Disdukcapil Pemalang

Sementara itu, Sekretaris Dansatgas Operasi TMMD Lettu Inf. Nurma Firdous menyampaikan, laporan dan presentasi tentang hasil pelaksanaan TMMD di Desa Penakir selama 30 hari, yang dimulai 8 Mei sampai 6 Juni 2024. Dengan menyasar dua sasaran, yaitu fisik dan non fisik. Untuk fisik telah mencapai rabat beton sepanjang 318×3 meter dengan hasil 100 persen dan pembangunan talud sepanjang 470 meter hasil 100 persen.

“Sedangkan sasaran non fisik penyuluhan tentang balatkom, bela negara, empat konsensus dasar dan wasbang, penyuluhan hukum terpadu, sosialisasi penerimaan prajurit TNI, penyuluhan tentang stunting dan pelayanan KB. Kemudian masih ada sosialisasi bencana alam, serta sosialisasi administrasi kependudukan,” terangnya.(fan/sam)