Figur  

Berbekal Segudang Prestasi, Mikha Siap Wakili Porda

Mikhaela Theofania Aidan
Mikhaela Theofania Aidan. (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

MENJADI atlet dengan segudang menjadi impian bagi semua orang. Seperti Mikhaela Theofania Aidan, atlet anggar asal Kota Yogyakarta. Segudang prestasi berhasil ia raih di usianya yang tergolong muda, yakni 14 tahun. Tahun depan, Mikha akan maju ke Pekan olahraga Daerah (Porda) Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) di Gunung Kidul mewakili Kota Yogyakarta.

Mikha menceritakan, awal mula ikut berlatih anggar yaitu enam tahun yang lalu. Dorongan dari kedua orang tuanya kemudian membuta Mikha menekuni olahraga tersebut.

“Saat 2018, saya diajak ayah untuk ikut latihan olahraga anggar. Meskipun awalnya saya tidak mengenal jauh olahraga tersebut, namun saya enjoy dalam mengikutnya,” ungkapnya saat diwawancarai Joglo Jogja, Senin (10/6/24).

Baca juga:  Mengabdi untuk Jadi Pelopor Trigatra Bangun Bahasa

Dengan ketekunan dan kesabarannya dalam mengikuti latihan, membuat Mikha mampu menorehkan segudang prestasi dari anggar. Bukan tanpa hambatan, Mikha mendapatkan berbagai kesulitan saat berusaha meraih prestasi tersebut.

“Kesulitan yang saya alami adalah waktu, di mana harus membagai antara waktu belajar dan berlatih. Karena kadang waktu saling bertabrakan. Meski begitu, pihak sekolah tetap mendukung saya untuk mendapatkan prestasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, meskipun ada kendala di dalam pembelajaran, tidak menjadikan ia patah semangat. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi yang sangat membanggakan baginya dan orang tua.

Baca juga:  Pendidikan Berikan Peluang: Kisah Alda Nurjannah yang Raih Sukses di Dunia MC dan Influencer

“Kejuaraan yang belum lama ini saya dapat dari Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun ini, di mana saya mendapatkan dua emas dan satu perak. Serta mendapatkan juara di Porda tahun lalu,” terangnya.

Selain itu, dengan mendapatkan juara Porda di tahun lalu itu, membuat Mikha bisa mengikuti Pusat Pelatihan Kota (Puslatkot) Yogyakarta. “Harapan saya, untuk Porda tahun depan saya bisa mendapatkan kembali emas yang sudah saya dapat sebelumnya,” pungkasnya. (riz/abd)