Figur  

Berani Maju untuk Motivasi Perempuan Lain

Erlinda Farah Saufika Aulia
Erlinda Farah Saufika Aulia. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SETIAP manusia ingin yang terbaik bagi dirinya dan memberi manfaat untuk lingkungan sekitar. Dan untuk menjadi seseorang yang bisa menginspirasi, tentunya memerlukan sebuah proses yang panjang.

Proses itu telah dijalani Erlinda Farah Saufika Aulia yang mengikuti ajang pemilihan Duta Hijab Jawa Tengah 2024. Berharap menjadi role model bagi teman sebayanya, akhirnya ia memberanikan diri untuk bersaing dengan puluhan remaja di Provinsi Jawa Tengah.

Duta Hijab Jawa Tengah 2024 diikuti oleh perempuan remaja dengan rentan usia 17-18 tahun yang berasal dari berbagai kalangan. Baik siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

“Dari 19 peserta yang masuk ke grand final, nanti diambil 3 top peserta yang akan mewakili provinsi ke tingkat nasional,” ungkap Erlinda, belum lama ini.

Baca juga:  Pendidikan Berikan Peluang: Kisah Alda Nurjannah yang Raih Sukses di Dunia MC dan Influencer

Dara cantik kelahiran Brebes itu mengungkapkan, proses pemilihan dalam kompetisi ini cukup ketat. Dari 80 lebih peserta yang mendaftar, hanya 19 peserta terpilih yang masuk ke grand final babak akhir. Ia harus mengikuti semua tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes tulis, wawancara hingga minat bakat.

Berkat kegigihannya, ia masuk ke dalam peserta dengan nominasi 19 besar, yang akhirnya mengantarkan dirinya menjadi salah satu Duta Hijab Jawa Tengah. Meski belum terpilih menjadi top 3 peserta, dirinya tetap bersyukur. Sebab, melalui ajang itu, Erlinda mampu menyalurkan bakatnya sekaligus menemukan rumah baru sesuai dengan passion-nya.

Baca juga:  Daraen dan Nisrina, Siswa MTsN 9 Sleman yang Berhasil Kembangkan Riset untuk Bantu Orang Buta

“Bagaimanapun hasilnya aku mensyukuri. Karena Duta Hijab ini sudah aku anggap sebagai wadah untuk menyalurkan bakat minat. Cocok dan sesuai diriku,” ungkap pencinta travelling tersebut.

Tantangan dan lika-liku cukup dirasakan oleh Erlinda. Pasalnya, dalam mengikuti proses Duta Hijab ini, dirinya harus bolak-balik ke Semarang dan Yogyakarta. Lantaran, harus membagi waktu dengan kuliah S2-nya di Univeristas Negeri Yogyakarta.

Sampai, terbesit dalam pikirannya untuk mengurunkan niat dan berhenti mengikuti ajang tersebut. Namun, ia tetap melanjutkan karena ingin memotivasi perempuan lainnya.

“Harus bagi waktu antara mental, tenaga, dan materi. Apalagi waktu itu saingannya, model, selebgram, dan influencer,” terangnya.

Baca juga:  Terinspirasi dari Kakak, Efrida Ikuti Karate hingga Juara

Erlinda mengaku setelah resmi menjadi salah satu bagian anggota Duta Hijab Jawa Tengah 2024, dirinya akan melaksanakan program-program kerja yang selaras dengan visi-misi dari para muslimah Jawa Tengah. Ia juga akan aktif mengikuti berbagai kegiatan yang bisa menjadi contoh bagi teman sebayanya.

Dirinya pun berpesan kepada para perempuan di luar sana. Jika memiliki cita-cita, keinginan, maupun harapan hendaklah untuk meraihnya. Proses yang telah dijalani harus dikerjakan semaksimal mungkin, jangan menyerah, apalagi berhenti.

“Anak muda jangan sampai malu. Tetap lakukan apa yang kamu inginkan. Soal hasil itu dipikir belakang. Terpenting kita udah usaha,” tutup pemilik akun @erlindafsra_ ini. (cr4/adf)