Lulusan MTsN 9 Bantul Diharap Jadi Generasi Berlian

MERIAH: Beberapa siswa yang berhasil menerima penghargaan dalam capaian dalam perolehan nilai ASPD tertinggi, dalam acara Haflah Muwadda'ah dan Wisuda Tahfidz MTsN 9 Bantul, di Gedung Ganesha APMD Yogyakarta, Selasa (11/6/24). (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Sebanyak 155 siswa MTsN 9 Bantul mengikuti pelepasan siswa kelas IX tahun ajaran 2023/2024. Sekaligus kegiatan wisuda tahfidz untuk siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Kepala MTs Negeri 9 Bantul, Siti Solichah mengaku bangga terhadap prestasi para siswa dan berharap agar mereka terus menjaga hafalan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an setelah lulus. Pihaknya juga berharap agar lulusan bisa menjadi Generasi Berlian, yang tidak hanya bersinar dalam kecerdasan dan pengetahuan, tetapi juga dalam moral dan etika.

“Mencintai Al-Qur’an dan menjadikannya pedoman hidup adalah salah satu langkah penting untuk mencapai hal tersebut. Jadi harapannnya ketika lulus dari madrasah, siswa siswi dapat menghafal beberapa ayat Al-Qur’an. Ini juga sesuai dengan visi misi baru kita, yaitu Berlian. Berintegritas, Ramah Lingkungan, Unggul, Religius, dan Berwawasan Global,” pungkasnya.

Baca juga:  Tanamkan Budaya Positif, Hadirkan Konsep Menyatu dengan Alam

Ia mengungkapkan, acara ini mengusung tema Mencetak Generasi Berlian dan Mencintai Al-Qur’an. Sejalan dengan visi dan misi baru madrasah.

Ia menambahkan, dalam acara pelepasan ini, sekitar 40 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX telah mengikuti wisuda tahfidz. Beberapa dari mereka berhasil menghafal hingga 7 juz. Mulai dari juz 30, 29, serta juz 1, 2 hingga juz 5.

“Prestasi ini menunjukkan komitmen kuat madrasah dalam mendidik generasi muda yang memiliki hafalan Al-Qur’an,” ungkap Siti.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, program tahfidz di MTsN 9 Bantul telah dirancang sesuai dengan mandat Kanwil. Bagi kelas VII, siswa diharapkan mampu membaca dan menghafal hingga surah Ad-Dhuha. Sementara, siswa kelas VIII mulai menghafal dari juz 1, Surah Al-Baqarah ayat 1 hingga 88.

Baca juga:  Kegiatan Matsama MTsN 7 Bantul Fokus Anti-Bullying dan Tanggap Bencana

“Sedangkan bagi kelas IX, target hafalan adalah dari ayat 89 hingga 141. Melalui program ini, madrasah berharap bahwa para siswa dapat menyelesaikan hafalan beberapa surah Al-Qur’an sebelum mereka lulus,” tuturnya. (suf/adf)