Semua Permohonan PHPU Pileg di Jateng Ditolak

TUGAS: Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti bersama tim saat menhadiri pembacaan putusan di kantor Mahkamah Konstitusi, belum lama ini.TUGAS: Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti bersama tim saat menhadiri pembacaan putusan di kantor Mahkamah Konstitusi, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah mencatat ada tujuh permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilihan Legislatif 2024 yang diajukan oleh lima partai politik yaitu PPP, NasDem, PKB, Demokrat, dan PAN.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan awal dalam dua agenda sidang, Mahkamah Konstitusi memutuskan dalam sidang pembacaan putusan sela yang berlangsung 21 Mei 2024, hanya tiga permohonan yang berlanjut sampai dengan sidang pembuktian. Tiga permohonan tersebut yaitu berasal dari PPP, NasDem, dan PAN.

Kemudian, pada Jumat 7 Juni 2024 Mahkamah Konstitusi membacakan putusan terhadap tiga permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum untuk lokus Jawa Tengah, di Ruang Sidang Gedung MKRI Jakarta.

Baca juga:  Puluhan Sapi di RPH Kota Semarang Masih Antre Disembelih

Adapun tiga permohonan tersebut yaitu berasal dari PPP dengan register perkara Nomor 44-01-13-13/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, NasDem dengan register perkara Nomor 65-01-05-13/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, dan PAN dengan register perkara Nomor 83-01-12-13/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024. Seluruh permohonan pemohon tersebut, diputuskan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi.

Dalam pertimbangan putusan yang dibacakan, pemohon tidak dapat membuktikan dalil yang disampaikan pada pokok permohonan. Sehingga tidak dapat meyakinkan Mahkamah untuk mengabulkan permohonan pemohon.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti menyampaikan, pembacaan putusan oleh Mahkamah Konstitusi tersebut, tidak terdapat implikasi hukum apapun terhadap hasil pemilu untuk Pemilihan Legislatif 2024 di Jawa Tengah. Khususnya pada Dapil 2 Rembang untuk Pemilihan DPRD Kab Rembang, Dapil X Jateng (Kabupaten Pemalang) untuk Pemilihan DPR RI, dan Dapil V Jateng untuk Pemilihan DPR RI.

Baca juga:  Unwahas Gelar Ajang Pemilihan Putra Putri Kampus

“Tidak ada implikasi hukum apapun pasca putusan akhir yang dibacakan MK terhadap hasil Pileg 2024 di wilayah Jawa Tengah, hasilnya tetap sama (seperti yang telah ditetapkan KPU RI)” ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/24). (luk/gih)