Upgris Sukses Gelar Petanque Championship Series II

FOTO BERSAMA: Pemenang Kejuaraan Petanque UPGRIS Championship Series II, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Petanque Universitas PGRI Semarang (Upgris) sukses menggelar Kejuaraan Petanque Upgris Championship Series II. Turnamen ini digelar sejak Jumat (7/6/2024) hingga Minggu (9/6/2024) lalu dengan kategori atau format turnamen yang dipertandingkan. Yakni Pelajar Double Open dan Double Open.

Pembina UKM Petanque Upgris, Buyung Kusumawardhana yang juga Dosen PJKR menilai, antusias kejuaraan kali ini cukup tinggi. Kejuaraan tersebut merupakan yang kali kedua diadakan setelah pada series pertama digelar di tahun sebelumnya.

“Kali ini pesertanya lebih luas. Sama-sama menggunakan dua nomor double, tetapi formatnya berbeda. Format yang pertama untuk pelajar, dan yang kedua untuk mahasiswa atau umum,” ungkap dia pada Joglo Jateng.

Baca juga:  RSUD dr. Adhyatma, MPH Terapkan Inovasi IMPORTANT, Beri Keterbukaan Informasi Tempat Tidur Kosong secara Real Time

Pada kejuaraan kali ini, kata Buyung, para peserta berasal dari berbagai daerah. Mulai Kota Semarang, Brebes, Rembang, Pati, Banyumas, dan sejumlah daerah lain di Jawa Tengah.

“Penyelenggaraan inisiatif dari UKM dan kolaborasi dengan program studi PJKR. Khusus pemenang, baik dari lembaga atau fakultas telah menyiapkan bonus dan beasiswa,” ujarnya.

Buyung menjelaskan bahwa petanque awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis. Pada awalnya, olahraga petanque dimainkan dengan bola logam atau batu, yang kemudian berkembang menjadi bola besi seperti yang digunakan saat ini.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Posko 05 UIN Walisongo Lakukan Kunjungan ke Ketua RW Patemon, Gunungpati Semarang

Menurutnya, olahraga ini menarik karena sifatnya yang sederhana namun menantang. Meskipun terkesan mudah, dibutuhkan strategi, akurasi, dan keterampilan untuk melempar bola besi seakurat mungkin.

“Hal ini agar mendekati atau bahkan menggeser bola kayu yang menjadi target. Petanque biasanya dimainkan di lapangan berukuran 4 meter x 15 meter. Olahraga ini juga dapat dilakukan di berbagai permukaan seperti tanah keras, kerikil, batu, pasir, atau rumput,” tandasnya. (luk/adf)