Dies Natalis ke-44, UMK Segera Sikapi Perubahan Zaman

PIDATO: Jajaran SDM Universitas Muria Kudus saat mendengarkan arahan dari PJ Bupati Kudus di Auditorium UMK, Rabu (12/6/24). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Universitas Muria Kudus (UMK) segera menyikapi perubahan zaman yang begitu cepat untuk menuju SDM berkualitas. Hal itu disampaikan langsung oleh Rektor UMK Darsono pada Sidang Terbuka Senat Dies Natalis ke-44, Rabu (12/6/24).

Rektor UMK menyampaikan, dies natalis kali ini sebuah diorama responsibilities UMK dalam menyikapi perubahan yang cepat pada situasi kampus yang berbenah diri untuk menuju unggul. Sehingga, pihaknya konsisten untuk melakukan aksi internal maupun eksternal dalam rangka untuk mengejar perubahan.

“Basisnya itu mutu, sehingga mutu harapannya bisa menjadi tagline bagi semua civitas akademika untuk mengeksekusi tugas masing-masing dengan tema bersinergi untuk meraih prestasi sebagai bukti baktinya UMK untuk negri,” ungkapnya.

Baca juga:  667 Peserta Individu dan 78 Regu Ikuti KSM Kabupaten

Lebih lanjut, UMK pun sudah tidak bisa memikirkan dirinya sendiri. Sehingga baju yang sudah besar itu harus disertai dengan tindakan-tindakan, perilaku berpikir dan berorientasi yang besar juga. Dalam menghadapi tantangan ledakan bonus demografi juga masih menjadi pekerjaan rumah UMK.

“Itu menjadi PR kami sebagai pelayan pembangunan SDM. Kami bagian dari pendidikan mulai dari dasar menengah atas dan perguruan tinggi. Anugerah demografi itu bisa menjadi ancaman bisa peluang, tapi kita berpikir sisi peluangnya,” tandasnya.

Sehingga, kata dia, dalam menghadapi berbagai hal, UMK bisa ikut berpartisipasi. Terbaru, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan 450 mahasiswa IPDN dan menerjunkan 200 mahasiswa UMK untuk melakukan kalibrasi data stunting dan kemiskinan.

Baca juga:  Kunjungi PT TUN Surabaya, Mahasiswa HTN UIN Salatiga Dapat Dorongan untuk Jadi Praktisi Hukum

“Karena stunting di Indonesia itu masih merupakan kelompok tinggi didunia. Kalau data tidak valid maka penanganan tidak akan baik. Maka kita berpartisipasi dari sisi hulu dengan KKN tematik,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie berharap pada Dies Natalis kali ini UMK bisa menghasilkan SDM yang berkualitas. Sebagai lembaga perguruan tinggi pun harus bisa membangun jejaring dengan kampus yang lain dalam komitmen yang sama.

“Organisasi yang terus harus belajar, semua harus terlibat seperti dosen mahasiswa dan lainnya. Dengan melakukan itu, maka akan mampu mewujudkan SDM yang luar biasa,” pungkasnya. (adm/fat)