Gazebo Literasi Jadi Ruang Nyaman Baca Siswa

NYAMAN: Gazebo literasi salah satu ruang baca yang disuguhkan perpusatakaan cerdas pustaka milik SD 6 Cendono menjadi ruang favorit baca siswa, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Perpustakaan Cerdas Pustaka milik Sekolah Dasar (SD) 6 Cendono menyediakan tempat yang nyaman untuk membaca. Dengan gazebo literasi yang ada sehingga menambah kenyamanan para siswa dalam membaca buku.

Kepala SD 6 Cendono, Kaswanto mengatakan, usai mendapatkan akreditasi B, perpustakaan sekolahnya selalu berbenah. Utamanya mencoba berinovasi agar menarik minat baca para siswa.

“Cerdas pustaka merupakan sumber belajar. Khususnya sebagai jendela untuk memperkaya pengetahuan pada anak-anak dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada perpustakaan,” katanya kepada Joglo Jateng di ruangannya, belum lama ini.

Baca juga:  Hidupkan Lahan Kosong dengan Kebun Sayur

Sementara, lanjut dia, pada spot gazebo literasi yang berada di halaman sekolah bertujuan memudahkan para siswa yang ingin membaca. Baik saat sedang istirahat atau menunggu jemputan orang tua.

“Perpus dengan luas ruang 9×12 meter lokasinya berada di lantai dua. Sehingga kurang strategis. Maka dari itu dengan memanfaatkan kayu seadanya kami buatkan tiga gazebo,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku sedang fokus memperbanyak koleksi buku dari jumlah keseluruhan sebanyak 3 hingga 6 ribu buku. Menurutnya, perpustakaan harus memenuhi buku pelajaran dan koleksi lainnya. Lebih lagi pergantian kurikulum.

Baca juga:  MTsN 9 Bantul Bagikan Daging Kurban dengan Kemasan Ramah Lingkungan

“Akhir tahun ini menjadi perkembangan kelengkapan buku perpustakaan. Secara bertahap setiap tahunnya,” ungkapnya.

Kaswanto berharap dengan adanya akreditasi B tersebut bisa memacu upaya peningkatan secara maksimal. Utamannya kelengkapan fasilitas dan layanan.

“Kami bersyukur bisa mendapat akreditasi. Sehingg ini bisa memacu  untuk maju terutama setelah buku pelajaran tercukupi,” katanya. (cr1/fat)