Gerinda Ajukan Kepala DPUPKP Bantul Maju Pilkada

Kepala DPUPKP Bantul Aris Suharyanta
Kepala DPUPKP Bantul Aris Suharyanta. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Bantul mengajukan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP), Aris Suharyanta untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bantul. DPC Gerindra menyebutkan bahwa Aris Suharyanta merupakan satu-satunya bakal calon (balon) yang diajukan dari eksternal partai.

Aris Suharyanta juga membenarkan bahwa dirinya diajukan DPC Gerindra Bantul ke DPP Gerindra untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Namun dia belum bisa memberikan tanggapan lebih lanjut. Pasalnya, jabatannya selaku PNS kepala Dinas baru berakhir per satu Juli mendatang.

“Benar, ada konfirmasi ke saya untuk diusulkan ke DPP. Kita menerima ajuan dari Gerindra. Kita akui itu. Tapi karena saya belum purna jadi belum bisa lebih jauh,” ungkapnya, Rabu (12/6/24).

Baca juga:  Kasus DBD di DIY Melonjak, Upaya Pencegahan Diintensifkan

Lebih lanjut, saat ini dirinya masih menunggu seperti apakah keputusan DPP terkait dengan usul tersebut. Dia pun menyerahkan sepenuhnya kepada partai, apakah rekomendasi itu akan turun kepada dirinya atau nama lain yang berasal dari internal Gerindra.

Terkait isu yang berkembang bahwa dirinya akan berpasangan dengan petahana, Abdul Halim Muslih, Aris pun tidak mau memberikan tanggapan. Menurutnya, hal itu bukan kewenangannya.

“Barangkali Gerindra juga banyak calonnya, apakah rekomendasi itu akan turun ke saya atau tidak, saya belum tahu. Apa lagi terkait isu berpasangan dengan Pak Halim, itu yang lobi partai, saya tidak berani. Lebih lanjutnya seperti apa, nanti setelah pensiun saya konfirmasi ke partai,” ujarnya.

Baca juga:  Gencarkan Promosi Tekstil, Disperindag DIY Incar Pasar Internasional

Sementara itu, ketua DPC Gerindra Datin Wisnu Pranyoto mengatakan, DPC Gerindra Bantul telah mengajukan Aris Suharyanta untuk Pilkada Bantul kepada DPP. Namun dirinya juga belum bisa memastikan apakah Aris akan direkomendasikan sebagai balon bupati atau wakil bupati. “Aris Suharyanta sudah diajukan ke DPP.  Tapi belum ditentukan bupati atau wakil bupati, nanti melihat dinamika politik,” ungkapnya.

Menurut Datin, Aris Suharyanta merupakan satu-satunya calon dari internal partai. Sedangkan calon dari internal ada tiga nama yaitu Nur Subiyanto, Danang Wahyu Broto, serta dirinya.  “Yang di ajukan Pak Aris yang eksternal. Yang internal tidak usaha di ajukan, sudah otomatis,” ujarnya.

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Butuh 1.234 Pantarlih untuk Lakukan Coklit

Lalu, dirinya juga memberikan jawaban terkait dengan skema memasangkan Aris dengan Halim. Bahkan dia mengatakan bahwa rencana memasangkan dua nama ini maju Pilkada merupakan salah satu target dari Gerindra. “Ia, itu memang sudah ada pembicaraan. Salah satu dari target kami,” pungkasnya. (nik/abd)