Pati  

Cabup-Cawabup Rekom PDIP Pati Masih Tanda Tanya

PENDAFTARAN: Ketua DPC PDIP Pati saat menerima salah satu pendaftar Pilkada Pati, beberapa waktu lalu. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) yang bakal diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 masih menjadi tanda tanya. Pasalnya, hingga kini belum ada rekomendasi secara resmi dari Megawati Soekarnoputri.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang  (DPC) PDIP Pati, Ali Badruddin mengungkapkan, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP terkait Cabup-Cawabup yang bakal diusung. Ia juga belum mengetahui kapan rekomendasi tersebut akan diberikan.

“Belum turun. Kita juga belum tahu,” jawab singkat Ali saat diwawancarai wartawan Joglo Jateng lewat sambungan telepon, Kamis (13/6/24).

Baca juga:  Terkait Jabatan Pj Bupati, DPRD Pati Belum Dapat Petunjuk dari Pusat

Ali juga belum mendapatkan bocoran siapa calon yang akan diusung berlambang banteng moncong putih itu pada Pilkada nanti. Bila nanti rekomendasi turun, Ali akan memberikan kabar.

“Nanti kalau sudah ada (surat rekomendasi, Red) saya kabari. Sementara ini belum,” imbuh lelaki yang saat ini menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati itu.

Saat singgung calon terkuat, Ali menyebut semua bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati yang mendaftar lewat partainya memiliki kesempatan sama untuk mendapatkan rekomendasi. Calon-calonnya juga disebut punya kekuatan semua.

Baca juga:  Perum Bulog Pati Kolaborasi dengan Rumah Pangan Kita

Calone kuat kabeh (calonnya kuat semua). Ora nek aku (enggak maju kalau saya),” tutup politisi asal Kecamatan Kayen Pati itu.

Terpisah, politikus PDIP Pati, Suwarno memberikan penjelasan terkait alasan belum turunnya rekomendasi dari DPP PDIP untuk calon pada Pilkada. Ia menyebut partainya saat ini masih melakukan survei.

“Masih menunggu hasil survei. Dari DPP ada yang turun ke daerah,” ujar lelaki yang duduk kursi Komisi D DPRD Pati itu.

Suwarno membeberkan, calon yang akan diusung partainya nanti yang paling kuat. Baik dari elektabilitasnya maupun dari segi logistiknya.

Baca juga:  Bantah Soal Pencemaran Sungai Juwana, DLH Dianggap Kayak Jubir Perusahaan

“Jadi tergantung elektabilitasnya. Siapa yang terkuat. Termasuk dalam pendanaan. Nanti yang menentukan ketua umum,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sudah ada sejumlah nama yang mendaftar Pilkada Pati lewat PDIP Pati. Di antaranya yakni Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) dan Kepala desa (Kades) Gadingrejo Juwana,Wahyu Indriyanto yang menggandeng mantan Sekda, Suharyono. (lut/fat)