Disdikbud Jateng Beri Jalur Zonasi Khusus 4 Kecamatan di Semarang

Wakil Ketua III Panitia PPDB Disdikbud Jateng, Sunarto
Wakil Ketua III Panitia PPDB Disdikbud Jateng, Sunarto. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah memberikan jalur zonasi khusus pada pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di empat kecamatan di Semarang yang tidak memiliki SMA Negeri atau termasuk blank spot. Yakni di Kecamatan Gajahmungkur, Candisari, Tugu, dan Gayamsari.

“Di Kota Semarang masih ada empat titik yang belum punya sekolah negeri. Ada Gajahmungkur, Candisari, Tugu, Gayamsari,” ungkap Wakil Ketua III Panitia PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, Sunarto di kantornya, Kamis (13/6/24).

Dia mencotohkan, calon peserta didik (CPD) yang berdomisili di Gajahmungkur dapat mendaftar melalui jalur zonasi khusus di SMAN 5 Semarang. Lalu CPD di Candisari dapat mendaftar di SMAN 1 Semarang.

Baca juga:  Beri Kemudahan Akses Layanan Kesehatan, RSUD dr Adhyatma Punya Inovasi Si-Kasih

“CPD yang tinggal di Tugu bisa daftar di SMAN 8 Semarang. Lalu CPD di Gayamsari bisa daftar di SMAN 11 Semarang,” imbuhnya.

Untuk diketahui, total terdapat 16 SMA Negeri dan 11 SMK Negeri yang tersebar di kecamatan di Kota Semarang.

Lebih lanjut, Sunarto menjelaskan bagi CPD di kabupaten/kota lainnya di Jateng yang juga tinggal di blank spot atau daerah yang belum memiliki sekolah negeri, maka CPD itu dipastikan dapat mendaftar lewat jalur zonasi khusus.

Pihaknya telah mengunggah secara detail di website resmi Disdikbud Jateng terkait daftar sekolah negeri di Jateng yang menerima pendaftaran jalur zonasi khusus. “Di blank spot, kecamatan yang blm ada SMAN/SMKN, maka diberi kuota yang disebut zonasi khusus dengan daya tampung 12 persen dari total CPD yang diterima sekolah,” jelasnya.

Baca juga:  BI Jateng: PHK Masif di Industri TPT dan Alas Kaki Akibat Kesulitan Bahan Baku dan Penurunan Permintaan

Untuk akses pemerataan pendidikan gratis, Disdikbud Jateng masih terus mengupayakan pengadaan unit sekolah baru di zona blank spot. Terakhir, SMAN 9 Pasar Kliwon Solo baru diresmikan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana belum lama ini.

Untuk diketahui, tahapan PPDB memasuki masa pengajuan akun dan verifikasi berkas berlangsung, mulai dari 11-24 Juli mendatang. Disdikbud membuka posko PPDB dan layanan call center yang dapat diakses di 089519451737. (luk/gih)