PKS dan Gerindra Bantul belum Tentukan Koalisi

TERPAMPANG: Terlihat baliho salah satu bakal calon Pilkada Bantul di perempatan Palbapang, beberapa waktu lalu. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Meskipun koalisi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sleman yang terdiri atas Gerindra, Golkar, PKS, Nasdem, dan PPP sudah terbentuk, PKS dan Gerindra Bantul menyebut hingga saat ini belum mengarah ke sana. Kedua partai ini mengatakan masih menunggu perkembangan.

“Kita belum menentukan sikap. Jadi kita masih melihat perkembangan dulu. Masih membangun komunikasi dengan semua partai politik. Kita tetap berusaha untuk segera menentukan sikap. Tatapi semuanya perlu kita bahas di tim pemenangan terlebih dahulu, di internal DPD PKS,” terang Ketua DPD PKS Bantul Agung Laksmono, Kamis (13/6/24).

Baca juga:  Manfaatkan Sumber Daya, Wujudkan Pertanian Terpadu

Agung mengatakan, meskipun sudah melakukan komunikasi dengan parpol-parpol, akan tetapi PKS Bantul belum dapat memastikan akan berkoalisi dengan siapa saja. Begitu pula terkait nama yang akan diusung, pihaknya masih belum menentukan.

“Nama belum ada. Sekarang ini yang sudah fix baru Pak Halim, yang lain masih proses penjajakan-penjajakan. Artinya dengan semua sangat mungkin. Nanti melihat mana yang paling punya kapabilitas dan elektabilitas yang lebih baik, itu saya kira akan menjadi pertimbangan,” ujarnya.

Berkenan dengan sikap ini akan dicetuskan kapan, dirinya pun belum bisa memastikan. “Saya belum bisa pastikan. Terganggu dinamikanya,” imbuhnya.

Baca juga:  Beri Kontribusi Nyata SDGs dengan Eco Enzyme

Sementara itu, DPC Gerindra Bantul juga mengatakan hal yang sama. Meskipun dirinya mengikuti perkembangan koalisi yang sudah terbentuk di Sleman, namun hingga saat ini sikap untuk menentukan partner koalisi juga masih dalam proses.

“Ini baru pematangan di tingkatan internal masing-masing. Pembicaraan sudah ada tapi untuk secara resmi nanti kita akan deklarasikan. Untuk waktunya belum tentu. Nanti tunggu situasi,” ujar Ketua DPC Gerindra Bantul Datin Wisnu Pranyoto. (nik/abd)