Prediksi Dishub DIY: Volume Kendaraan di Yogyakarta Turun Selama Liburan Sekolah dan Iduladha

Kabid Lalu Lintas Dishub DIY, Rizki Budi Utomo
Kabid Lalu Lintas Dishub DIY, Rizki Budi Utomo. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Rekayasa lalu lintas di Yogyakarta selama masa libur sekolah kali ini belum menunjukkan perubahan signifikan. Hal ini disebabkan oleh liburan Iduladha yang berbeda dengan liburan biasanya. Dinas Perhubungan (Dishub) DIY memprediksi pada periode libur sekolah dan Iduladha akan terjadi penurunan volume kendaraan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DIY, Rizki Budi Utomo mengungkapkan, perayaan kurban yang menjadi fokus utama membuat prediksi jumlah wisatawan menurun. Perayaan Iduladha diperkirakan tidak akan menarik banyak wisatawan seperti liburan biasa.

“Kali ini berbeda karena ada perayaan kurban, sehingga secara prediksi tidak banyak yang berwisata ke Yogyakarta. Meskipun ada juga beberapa, tidak sebanyak libur sekolah tahun kemarin,” ungkapnya, Kamis (13/6/24).

Baca juga:  Pemkab Bantul Wacanakan Tambah Satu TPST Lagi

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan pada Senin (17/6) bersamaan dengan hari raya Iduladha, volume lalu lintas di Yogyakarta justru diperkirakan akan menurun dari tahun sebelumnya. Meski volume lalu lintas diprediksi menurun, ada kemungkinan peningkatan lalu lintas di hari berikutnya.

“Kemungkinan jalanan Yogyakarta sepi, mengingat ketika libur kurban banyak masyarakat yang berlibur atau sekedar pulang kampung. Tetapi perkiraan volume lalu lintas agak meningkat di kawasan wisata pada sore dan Selasa karena masih libur,” jelasnya.

Kondisi ini menuntut adanya kewaspadaan ekstra dari masyarakat yang akan melakukan perjalanan, baik untuk berlibur maupun pulang kampung. Mengingat libur sekolah yang bertepatan dengan libur Iduladha, rekayasa lalu lintas perlu diperhatikan dengan baik.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Konsumsi, Rumah Pangan B2SA Diluncurkan

“Masyarakat diimbau untuk merencanakan perjalanan mereka dengan bijak dan menghindari waktu-waktu yang diperkirakan akan padat, terutama di sekitar kawasan wisata. Pemerintah daerah juga terus memantau perkembangan lalu lintas dan siap melakukan penyesuaian jika diperlukan,” tuturnya.

Untuk sementara, Dishub DIY belum menetapkan perubahan besar dalam rekayasa lalu lintas karena volume lalu lintas yang diperkirakan menurun. “Namun, evaluasi akan terus dilakukan selama masa libur ini untuk memastikan kelancaran lalu lintas dan kenyamanan masyarakat,” pungkasnya. (suf/abd)