Lazismu Rembang Prioritaskan 4 Program

SALURKAN: Penyaluran Kado Ramadhan bertempat di Kantor Daerah Lazismu Rembang beberapa waktu lalu. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng -Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazizmu) Rembang memiliki empat program unggulan yang akan direalisasikan tahun ini. Program tersebut antara lain, bantuan untuk pedagang Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), back to masjid, peduli guru, dan save our school.

Divisi Program Lazismu Rembang, Abie Dhimas mengatakan, program unggulan yang menjadi prioritas pada tahun ini bertujuan untuk memberi kebermanfaatan untuk Mustahik sebagai mana dana yang telah ditasyarufkan Muzaki melalui Lazismu.

Program bantuan untuk UMKM di Kabupaten Rembang diberikan kepada masyarakat yang memenuhi ketentuan atau layak diberi bantuan. Adapun langkahnya harus mengajukan proposal bagi yang membutuhkan dana diatas Rp 2,5 juta.

Baca juga:  Istri Penjabat Diingatkan untuk Hidup Sederhana

“Kami sifatnya memberikan bantuan untuk memberdayakan masyarakat dari beberapa pertimbangan seperti, beban yang ditanggung dalam keluarga, besaran gaji yang diperoleh sebelumnya dan sebagainya,” tuturnya kemarin.

Selanjutnya, program back to masjid menyasar 2 masjid yaitu Masjid Abu Bakar Desa Kalipang Kecamatan Sarang diberi bantuan seperti pembangunan, honor marbot. Rencana bantuan digelontorkan sebesar Rp 20 juta melalui penggalangan dana. Kemudian, ada lagi Masjid An Nur Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang senilai Rp 1 miliar.

“Rencananya tahun ini dana akan diberikan secara berkala di akhir tahun sesuai besaran yang diperoleh,” bebernya.

Baca juga:  Karya Seni: Edisi Gareng Menyandang Gelar Sarjana

Disamping itu juga ada program peduli guru yaitu pemberian bantuan untuk para guru berupa sembako dan pesangon. Rencananya akan diberikan pada hari guru mendatang (25/11).

“Lalu, Save our school (SOS) memberikan bantuan berupa rehabilitasi sekolah, kami membuka bantuan ke SD Aisiyah Lasem dengan penyerahan dana kami target akhir tahun,” tuturnya.

Disisi lain, target dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) untuk Lazismu Kudus di tahun 2024 ini bisa melakukan penghimpunan dan pentasarufan sebesar Rp 4,9 miliar. Tahun lalu, target Rp 2,5 miliar tercapai Rp 4,2 miliar.

Baca juga:  Dintanpan Rembang Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik yang Berkelanjutan

“Harapan kami banyak Muzaki mau menitipkan zakat infaq dan shadaqah ke lazismu karena kita benar-benar menyalurkan bantuan itu ke mustahik,” pungkasnya. (cr3/fat)