Kudus  

Gelar Nyate Bareng, Santri Ponpes Duta Aswaja Sembelih 8 Ekor Kambing

KOMPAK : Para santri putri Pondok Pesantren Duta Aswaja Kudus sedang asyik menikmati nyate bareng hasil sembelih hewan kurban, Senin, (17/6/2024). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Para santri Pondok Pesantren Duta Aswaja Kudus nampak menikmati keseruan nyate bareng di momen Hari Raya Idul Adha. Dengan berkelompok, santri putra maupun putri kompak nyate di halaman depan asrama Ponpes Duta Aswaja, Kudus, pada Senin, (17/6/2024).

Direktur Umum Pondok Pesantren Duta Aswaja Kudus, Ustadz M Alvin Jauhari, memaparkan, tahun ini Ponpes Duta Aswaja menyembelih amanah 8 ekor kambing. Kurban dari para wali, santri dan guru.

“Kami mendapatkan amanah 8 ekor kambing, dari para wali santri dan guru. Yang kemudian didistribusikan kepada para santri, guru, karyawan dan masyarakat sekitar,” paparnya.

Baca juga:  Perpustakaan UMK Sajikan Berbagai Layanan Unggulan

Kepala Pondok Putra Pesantren Duta Aswaja, Ustadz Syamsul Arifin, menjelaskan, para santri setiap kamar diberikan daging kurban, kemudian diolah dan para santri nyate sendiri.

“Tusuk, bumbu, dan lain-lain sudah kami sediakan, sehingga para santri tinggal membakar daging kurban yang sudah dibagikan,” jelasnya.

Sementara, salah satu santri putra asal Batam Riau, Nizam Kevin, mengungkapkan, rasa antusias dan senangnya di momen idul adha tersebut. Menurutnya, momen tahunan ini jadi momen yang ditunggu.

“Walaupun kami tidak pulang ke kampung halaman, alhamdulillah dengan nyate bareng ini bisa menghilangkan rasa kerinduan kami,” ungkapnya.

Baca juga:  Pencari Loker Pilah-pilih Sebabkan Pengangguran Bertambah

Senada, Santri asal Papua, Dimas Arif Rahman, juga menyampaikan, adanya kegiatan seru ini merupakan sarana kebersamaan dan kekompakan antar santri.

“Karena kalau tidak kompak nanti gak matang-matang, karena dengan kebersamaan dan kekompakan itulah nantinya jika sudah matang akan mendapatkan kenikmatan berupa sate kambing ala santri yang siap dinikmati bersama-sama,” terangnya. (cr1)