Figur  

Berkomitmen Jadi Kader Militan

MEMOSISIKAN diri sebagai kader militan yang cinta terhadap organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nilti Maulida Alfina Nihlah (22) berkomitmen untuk berperan aktif di Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jepara. Ia percaya bahwa dengan bergabung di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan IPPNU, dirinya akan mampu mengenal warisan-warisan kebudayaan, peradaban Islam, serta memperkuat ajaran Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, sebagai warga NU tidak elok atau kurang baik rasanya jika tidak mengetahui bagaimana sejarah perjuangan Rasulullah dan para sahabat. Sehingga, IPNU maupun IPPNU semestinya mampu menciptakan kader yang cinta terhadap agama.

Baca juga:  Foto Tetangga Jadi Inspirasi Raih Prestasi

“Selain kita mempererat tali persaudaraan antarsesama remaja di daerah, (berproses di IPNU dan IPPNU, Red.), mampu juga meningkatkan kecintaan kita terhadap Rasulullah,” terang Nilti kepada Joglo Jateng, Selasa (18/6/24).

Dara kelahiran Jepara ini bercerita bahwa dirinya tak sengaja bergabung di IPPNU. Awalnya ia ingin mencari kegiatan positif agar waktunya dapat dipergunakan sebaik mungkin.

Seiring waktu, dirinya dikenal sebagai sosok yang arif dan mampu merangkul sesama kader. Hal itu membuat ia terpilih sebagai Ketua IPPNU Ranting Desa Bawu, Kecamatan Batealit.

“Waktu itu dari teman-teman memercayai kalau aku orang yang aktif, setiap kegiatan IPNU-IPPNU berangkat terus. Tiba waktu pergantian kepengurusan, dipilih menjadi ketua,” terangnya.

Baca juga:  Keluar dari Zona Nyaman untuk Raih Impian

Selama memimpin kurang lebih dari tiga tahun, program unggulan yang Nilti bawa adalah membaca kitab kuning, dibaan, dan diskusi. Agar para anggota tidak bosan, ia juga mengadakan tadabbur alam atau jalan-jalan.

“Konsep yang dibangun memang jalan-jalan sambil diskusi. Jadi, nggak ada lagi yang mengatakan IPNU-IPPNU kegiatannya cuma agama doang. Itu dapat terpatahkan dengan kegiatan baru ini,” tambah perempuan yang suka menggambar itu.

Nilti berharap, pemuda-pemudi di Desa Bawu dapat tergugah semangatnya untuk bisa bergabung di IPNU maupun IPNU. Sebab, dengan bergabung, secara tidak langsung mereka bisa nguri-uri agama Islam.

Baca juga:  Usia Tua Bukan Penghalang Tetap Berkarya

“Semoga dengan berbagai kegiatan positif dapat mengantarkan kecintaan terhadap NU,” pungkas pemilik akun @niltimallf ini. (cr4/adf)