Kudus  

Destinasi Wisata Diimbau Berikan Pelayanan Prima

Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah
Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus mengeluarkan surat edaran imbauan terhadap daya tarik wisata (DTW) saat memasuki masa libur sekolah dan cuti bersama. Mereka diimbau untuk memberi pelayanan prima untuk wisatawan.

Surat edaran nomor 500.13/813 tentang imbauan kesiapan DTW dan usaha pariwisata menghadapi libur sekolah dan cuti bersama Idul Adha telah disebarluaskan ke pengelola destinasi wisata. Ditambah pengelola desa wisata ataupun pengelola usaha pariwisata yang ada di wilayah Kudus.

Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah mewanti-wanti agar seluruh pengelola destinasi wisata ataupun desa wisata agar memberikan pelayanan prima terhadap wisatawan. Tujuannya untuk memberikan kesan yang baik terhadap wisatawan yang berkunjung di Kota Kretek.

Baca juga:  Sektor Kredit ASN di Kudus Mengalami Pertumbuhan

”Tentunya dengan mengedepankan prinsip dan aksi sapta pesona di masing-masing wilayah yang harus selalu dijaga,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Selasa (18/6/2024).

Hal itu dapat diterapkan dengan cermat dalam penyelenggaraan even di DTW dengan tetap memperhatikan daya tampung hingga memanajemen berbagai risiko. Tujuannya sebagai upaya memitigasi kecelakaan, kerawanan keamanan, serta keselamatan pengunjung.

“Perlunya juga kewaspadaan terhadap risiko bencana alam dan non alam. Bisa dengan menyiapkan sarpras, personel, ataupun tim khusus dan juga selalu update berkala kondisi cuaca lewat situs BMKG,” ucapnya.

Baca juga:  PEKA Muria Genap Setahun Jaga Ekosistem Biodiversity Hutan

Kemudian, hal yang tak kalah penting yakni pengelola juga harus memberikan informasi update terhadap daya tarik wisata yang dikelola kepada wisatawan yang bisa dilakukan secara online ataupun offline.

Pihaknya juga mengimbau agar DTW memperhitungkan pengaturan dan pengelolaan parkir. Serta usaha-usaha UMKM di bidang kuliner, souvenir, jasa, hingga sewa di sekitar daya tarik wisata, agar tidak merugikan wisatawan bersama pihak-pihak terkait.

“Secara berkala, kami juga akan lakukan pemantauan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berlibur ke Kudus,” pungkasnya. (adm/fat)