Hari Pertama PPDB, Wali Calon Murid Ramai Berkonsultasi

AKTIVITAS: Sejumlah orang tua calon murid saat mendatangi kantor PPDB di ruang kelas SDN Pudak Payung 01, Selasa (18/6/24). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Pada hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, SDN Pudak Payung 01 didatangi sebanyak 27 wali murid yang berkonsultasi. Jadwal pelayanan secara offline kemarin dimulai pukul 08.00 hingga 11.00 karena bertepatan dengan cuti bersama Hari Raya Iduladha. Sementara untuk layanan konsultasi PPBD 2024 hari selanjutnya dibuka pada pukul 08.00 hingga 15.00.

Kepala Sekolah SDN Pudak Payung 01, Kurniawati mengungkapkan, sebanyak 79 calon peserta didik telah mendaftar secara online ke sekolah tersebut sejak pukul 00.00 hingga 12.00. Sebelum dibuka pendaftaran, banyak orang tua yang datang ke sekolah maupun bertanya melalui WhatsApp terkait informasi syarat-syarat PPDB.

Baca juga:  Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Emas Olimpiade Nasional

Pihaknya mengaku tidak mengalami kendala saat mengakses sistem PPDB pada hari pertama. Terlebih lagi, dari Disdik Kota Semarang telah memberikan informasi, bagi sekolah yang mengalami kendala diharap untuk melapor ke dinas.

“Alhamdulillah SD kami tidak ada (kendala, Red.). Tadi saya juga sudah cek dan dari operator bilang aman dan lancar,” papar Nia, sapaan akrab Kurniawati, Selasa (18/6/24).

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SDN Pudak Payung 01, Eny, Setyawati menyampaikan, selain membuka konsultasi untuk PPDB, pihaknya juga membantu siswa kelas 6 SD yang akan masuk ke tingkat SMP. Hal itu diupayakan juga agar siswa tidak kesulitan dalam memilih jalur saat PPDB SMP yang dimulai pada 24 Juni 2024 mendatang.

Baca juga:  Ciptakan Budaya Gemar Membaca Melalui Perpustakaan Jelita

“Kami buka dua pelayanan sekaligus (konsultasi PPDB SD dan SMP, Red.),” tambahnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu mengumumkan, pendaftaran TK dan SD akan dibuka pada 18 sampai 22 Juni 2024 mendatang. Kemudian, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) berlangsung 24 sampai 28 Juni 2024.

Adapun tiga jalur penerimaan di tingkat TK/SD di antaranya, zonasi sebanyak 79 persen, afirmasi, 16 persen, dan mutasi 5 persen. Sementara tingkat SMP terdapat empat jalur. Yaitu zonasi 51 persen, prestasi 28 persen, afirmasi 16 persen, dan mutasi 5 persen. (int/adf)