Kudus  

Pelajar SMP Diberi Edukasi Manajemen Keuangan

DAFTAR: Salah satu pelajar mengisi formulir untuk membuka tabungan Simpanan Pelajar di Pendopo Kudus, beberapa waktu lalu. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 200 pelajar dan 50 guru jenjang SMP menerima edukasi pengelolaan keuangan dari PT BPR BKK. Kegiatan ini berlangsung bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Tengah serta Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kudus di Pendopo, beberapa waktu lalu.

Diantaranya yang mengikuti kegiatan tersebut adalah SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, SMP 3 Kudus, SMP 4 Kudus, SMP 5 Kudus. Serta SMP Muhammadiyah 1 Kudus, SMP NU Al Ma’ruf dan SMP Masehi.

Penjabat (Pj) Bupati M Hasan Chabibie menyebutkan, kemampuan mengelola keuangan sejak dini dirasa perlu diajarkan. Sehingga siswa mengetahui cara mengelola keuangan untuk saving mone atau tabungan. Sehingga mereka juga bisa memahami antara kebutuhan konsumtif dan kebutuhan pokok.

Baca juga:  Cabup Jepara Mas Wiwit Kunjungi Karimunjawa, Ini Tujuannya!

“Dalam hal ini, peran guru sangat diharapkan dalam membimbing pelajar. Agar mampu menumbuhkan pemahaman terhadap pengelolaan keuangan yang benar dan aman,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT BPR Bank BKK Kudus (Perseroda) H Noor Mastiko menyebutkan, program ini mengedukasi sekaligus menstimulasi siswa menabung. Yakni melalui pemberian tabungan senilai Rp 50 ribu di Simpanan Pelajar (SimPel).

“Mereka diajarkan mengenal dan memahami produk dan layanan jasa keuangan. Serta lebih waspada terhadap tawaran investasi ilegal, pinjol ilegal dan judi online yang dapat menimbulkan kerugian,” ujarnya.

Baca juga:  Tim PPK Ormawa HIMATIKA UMK Gelar Pelatihan Budidaya Hidroponik Melon

Adapun usia maksimal di tabungan Simpanan Pelajar ini maksimal 17 tahun. Sehingga jika nanti usia mereka sudah lebih dari itu diarahkan ke Tamades.

“Kami mengapresiasi antusias para siswa. Harapannya siswa lebih giat menabung untuk masa depan agar terlatih mengelola keuangan dengan baik bersama lembaga yang kredibel,” harapnya. (cr1/fat)