Demak  

Perbaikan Jalan di Demak Diupayakan Rampung di 2024

Kabid Perbendaharaan BBPKAD Kabupaten Demak, Nur Isnaini Purnomo.
Kabid Perbendaharaan BBPKAD Kabupaten Demak, Nur Isnaini Purnomo. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak tengah menggenjot pembangunan infrastruktur jalan-jalan yang ada di desa maupun kecamatan. Dengan begitu, pemerintah daerah mengupayakan perbaikan jalan selesai tahun ini.

Kabid Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Demak, Nur Isnaini Purnomo mengatakan, untuk pembangunan jalan di Demak sudah digenjot sejak awal tahun ini. Untuk pengerjaannya juga sudah ada yang sebagian hampir selesai.

“Jadi pembangunan jalan di Demak sejak awal tahun sudah digenjot. Dari Dinputaru kita selesaikan segera bahkan ini sudah berproses. Ada proyek awal 2024 sudah selesai juga ada,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Calon Pemimpin di Demak Harus Punya Komitmen

Mulai Januari 2024 hingga kini, proyek di Demak terus diupayakan selesai. Terlebih untuk infrakstur jalan-jalan yang membutuhkan perbaikan. Jika hal itu dapat terealisasi secepat mungkin, maka diharapkan dapat memperlancar aktivitas masyarakat dalam membangun ekonomi.

“Kalau anggaran yang digelontorkan untuk jalan sebesar Rp 100 miliar kurang lebih. Infrastruktur jalan sudah mulai berjalan. Bahkan sudah ada yang selesai,” tuturnya.

Dirinya juga memberikan penjelasan mengenai proses pengadaan barang dan jasa. Dia menyebut jika ada sistem kontrak, kemudian nilainya besar pastinya ada transaksi uang di muka.

Baca juga:  Camat Karangtengah Minta Hati-hati Lelang Tanah Kas Desa

Jika transaksi nilainya kecil, maka fokus dahulu untuk melakukan perbaikan jalan. Jika selesai baru dibayar lunas.

“Kalau uang muka biasanya kami memberi uang muka hanya 25-30 persen. Tergantung kontraknya atau besaran nilainya. Kemudian ada termin kedua,” bebernya.

Lalu, dia pun memberikan contoh terhadap infrastruktur yang sedang dilakukan perbaikan. Seperti area Kecamatan Karanganyar menuju ke Medini. Wilayah tersebut banyak jalan yang sedang dalam progres. Hal itu dinilainya baik karena progresnya lancar.

“Tahun ini pembangunan jalan progresnya baik. Jalan antar kecamatan juga selesai. Teruntuk desa juga masih berproses. Sedangkan jalan kabupaten sedang digenjot,” pungkasnya. (adm/fat)