UIN Walisongo Jalin Kerja Sama dengan JNU Tiongkok

SEPAKAT: Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar, M.Ag (kanan) usai menandatangani nota kesepahaman dengan President Jiangsu Normal University (JNU) Tiongkok, Prof. Zhou Ruguang (kiri), belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar, M.Ag menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan President Jiangsu Normal University (JNU) Tiongkok, Prof.  Zhou Ruguang. Kedua pemimpin perguruan tinggi tersebut sepakat untuk melakukan kolaborasi dalam berbagai bidang. Seperti penelitian kolaboratif, pertukaran dosen, beasiswa, dan program short course.

Penandatanganan MoU dihadiri oleh Wakil Rektor Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Walisongo Prof. Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag.; Kepala International Office, Agus Mutohar, PhD. Kemudian; Dekan International College JNU Prof. Hou Tiejian; dan Kepala International Office JNU Zhang Wenghui. Kampus yang menempati rangking 120 di China versi US. News itu sepakat untuk memberikan kuota beasiswa S1, S2, dan S3 untuk dosen, staf, dan alumni UIN Walisongo.

Baca juga:  Mba Ita Kampanyekan Gerakan Kembali ke Meja Makan

“Indonesia dan China merupakan tetangga dekat. Sehingga kita harus wujudkan kerja sama ini menjadi riil. Kami menyambut perwakilan dari UIN Walisongo di Jiangsu Normal University”, papar Prof. Zhou Roguang, belum lama ini.

Ia menyebut, ada enam program yang berbahasa Inggris. Yaitu ilmu komputer, bisnis internasional, mechanical engineering, electrical engineering, ekonomi, dan pendidikan. Selain itu, tersedia program S1, S2, dan S3 bahasa Mandarin.

“Kerja sama internasional merupakan sebuah keharusan saat ini. Karena masalah-masalah global tidak bisa diselesaikan di satu negara sehingga kita harus melakukan berbagai kolaborasi untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah tersebut lewat dua institusi pendidikan yang besar ini,” jelas Prof. Dr. Nizar. (hms/adf)