Obati Kerinduan Masyarakat Lewat Festival Kampung Wisata

AKSI: Salah satu performance angklung yang dilaksanakan dalam festival kampung wisata di Jalan D.I Panjaitan, Mantrijeron, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menggelar Festival Kampung Wisata pada 21-23 Juni di halaman XT Square. Kegiatan itu diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat pada Pasar Malam Sekaten yang telah lama ditiadakan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dispar Kota Yogyakarta Husni Eko Prabowo mengatakan, pagelaran festival kampung wisata itu rencananya akan menghadirkan sembilan wahana permainan. Dijelaskan bahwa tiket masuk kegiatan itu gratis, namun untuk menikmati wahana permainan, akan dikenakan biaya.

“Adanya wahana permainan ini menjadi salah satu cara kami mengobati kerinduan pada Pasar Malam Sekaten yang telah lama ditiadakan,” ungkapnya, Rabu (19/6/24).

Baca juga:  Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Finmap untuk Atasi Pinjol dan Judol

Dijelaskan bahwa biasanya, kegiatan ini biasa dilaksanakan enam kali dalam waktu terpisah. Sedangkan tahun ini, rencananya akan mengusung tema pasar malam kampung wisata, dan akan dilaksanakan sekali namun dengan jangka waktu yang lama supaya lebih meriah.

“Kegiatan itu nantinya akan menampilkan 25 kampung wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Kami juga meminta mereka (kampung wisata, red) untuk lebih kreatif, sehingga Festival Kampung Wisata itu dapat mengangkat eksistensi potensi yang mereka miliki,” jelasnya.

Rencananya, festival yang diadakan di XT Square itu akan menghadirkan berbagai tenant dan hiburan, yang akan diisi oleh kampung wisata dengan berbagai keragaman kreasi seni dan hasil produk masing-masing. “Acara pembukaan akan dimulai Jumat 21 Juni pukul 15.00 WIB, dan akan dilakukan upacara tradisional yang diikuti oleh Bergodo 25 kampung wisata. Kemudian dilanjutkan kirab mengelilingi XT Square yang nantinya akan dilombakan,” pungkasnya. (riz/abd)