Puluhan Sapi di RPH Kota Semarang Masih Antre Disembelih

AKTIVITAS: Sejumlah Juleha Kota Semarang saat menyembelih hewan kurban di lingkungan Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Rabu (19/6/24). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Hingga kemarin, puluhan sapi masih mengantre untuk disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Semarang mengakui puluhan sapi masih mengantre untuk disembelih di lokasi itu. Meski begitu, para petugas jagal tidak hanya memotong di gedung RPH, tetapi juga mendatangi lokasi lain.

Kepala Unit RPH Kota Semarang, Ika Nurawati mengungkapkan, Juru Sembeleh Hewan (Juleha) dari RPH Kota Semarang menyembelih 10 ekor sapi. Lalu, ada juga sebanyak 62 ekor sapi yang disembelih di lingkungan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah. Lebih lanjut, pada hari ini dijadwalkan sebanyak 28 sapi dari Baznas Jawa Tengah akan disembelih.

Baca juga:  PPI 2024 Jadi Gudang Inovasi Jawa Tengah

“Dari Baznas ada 28 sapi. Insyallah akan dihadiri bapak Pj Gubernur. Pemotongan total sekitar 230 ekor sapi dan 55 kambing,” jelasnya, Rabu (19/6/24).

Terpisah, panitia kurban di Kejati Jateng, Muhammad Yunus menambahkan, penyembelihan dilakukan kemarin karena pada hari sebelumnya kantor masih libur. Daging sapi yang di sembelih akan dikemas dalam 1000 paket dalam besek bambu.

“Kita kemas 500 paket untuk keluarga besar kejaksaan. Dan 500 paket ke warga sekitar Kejati. Nanti RT dan RW yang mendistribusikan,”katanya.

Dalam penyembelihan di kantor Kejati Jateng tersebut, kata Yunus, dikerahkan 20 orang Juleha. Mereka bertugas untuk menyembelih, menguliti, memotong daging hingga mengemasnya. (int/adf)