Pati  

Diskominfo Pati Sosialisasikan Bahaya Rokok Ilegal ke Masyarakat

DIALOG: Talkshow yang digelar Diskominfo Pati di Panggung Terbuka Suara Pati untuk emsosialisasikan Gempur Rokok Ilegal, Kamis (20/6/24). (DOK. DISKOMINFO PATI/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menggelar Talkshow Gempur Rokok Ilegal di Panggung Terbuka Suara Pati, Kamis (20/6/24). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya rokok ilegal.

Talkshow yang disiarkan secara langsung lewat Radio Suara Pati dan Channel YouTube Diskominfo Pati ini mengundang beberapa narasumber. Di antaranya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pati, Sugiyono dan narasumber dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kudus, Budi Santoso.

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto mengungkapkan, pihaknya ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat lewat talkshow tersebut. Tujuannya yakni untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat Pati tentang bahaya rokok ilegal.

Baca juga:  Ndablek, 18 Napi Narkoba Dipindahkan

“Ada beberapa pesan yang dapat diambil dari kegiatan tersebut. Di antaranya kaitannya dengan penegakan hukum dengan operasi pasar untuk menekan peredaran rokok ilegal. Selama 3 tahun ini trend-nya menurun. Semoga ini linier dengan kesadaran masyarakat tentang peredaran rokok ilegal yang tidak ada manfaatnya, tapi banyak mudaratnya,” ujar dia, Kamis (20/6/24).

Dengan menurunnya peredaran rokok ilegal tersebut, lanjut dia, menjadi bukti bahwa sosialisasi yang dilakukan Diskominfo Pati selama ini menunjukkan hasil positif. Dengan kata lain, masyarakat mulai sadar tentang bahaya rokok ilegal.

Baca juga:  Raperda Cagar Budaya Mulai Digodok

“Kami beranggapan bahwa sosialisasi ini bisa terekam dengan baik. Sehingga bisa didengar oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Pati,” tuturnya.

Tak hanya sosialisasi di media massa maupun media sosial, Diskominfo Pati juga menggandeng kesenian tradisional seperti ketoprak. Dengan harapan agar segmen masyarakat dilevel menengah ke bawah bisa menangkap pesan tentang bahaya rokok ilegal.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk melapor jika melihat adanya peredaran rokok ilegal. Selain memberikan sosialisasi, Diskominfo Pati juga telah menyiapkan wadah untuk laporan masyarakat tentang peredaran rokok tak bercukai itu.

Baca juga:  Terkait Jabatan Pj Bupati, DPRD Pati Belum Dapat Petunjuk dari Pusat

“Kami mengimbau kepada masyarakat jika mengetahui atau melihat adanya peredaran rokok ilegal jangan segan-segan untuk melapor. Baik itu di tingkat kecamatan, tingkat kabupaten di Satpol PP dan di kami juga kanal aduan, lewat medsos Instagram Facebook dan WhatsApp,” pungkasnya. (lut/fat)