Jepara  

KPU Jepara akan Terjunkan 3.414 Pantarlih

PAPARAN: Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih di Aula Kantor KPU Kabupaten Jepara, Kamis (20/6/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara akan menerjunkan 3.413 petugas Pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Petugas ini nantinya akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Komisioner KPU Jepara, Siti Nurwakhidatun menyampaikan, Pantarlih akan bertugas untuk melakukan coklit ke sejumlah kelurahan dan desa. Mereka mendatangi rumah ke rumah warga di seluruh wilayah Jepara.

“Petugas pemutakhiran data yang kami tugaskan ke desa-desa akan mendatangi setiap rumah untuk mendata. Dengan itu, kami mohon kepada masyarakay agar bisa menerimanya dengan baik,” jelas Wakhidatun dalam rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih yang digelar di Aula Kantor KPU Kabupaten Jepara, Kamis (20/6/24).

Baca juga:  Pemkab Jepara Berharap Prestasi Cabor Woodball Meningkat

Petugas pantarlih, kata Wakhidatun, direkrut sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Yaitu 1.740 TPS reguler.

Sedangkan, data pemilih yang menjadi bahan coklit pantarlih di Kabupaten Jepara adalah 922.600 pemilih. Setiap petugas akan melakukan coklit antara 250-300 pemilih di Kabupaten Jepara. Sementara, ribuan Pantarlih itu akan melaksanakan coklit mulai 24 Juni hingga 24 Juli mendatang.

“Maksimal setiap TPS di Kabupaten Jepara untuk Pilkada 2024 adalah 600 pemilih. Tetapi, rata-rata di Jepara ada sekitar 530 pemilih,” bebernya.

Ia menyampaikan saat petugas Pantarlih datang, setiap keluarga diharapkan bisa menyiapkan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK). Terlebih, Wakhidatun meminta kepada jajaran pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk bisa mensosialisasikan coklit Pilkada 2024.

Baca juga:  Bangun Food Court untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dan untuk seluruh masyarakat bisa berpartisipasi dan mensukseskan setiap tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada 2024. “Pemutakhiran data pemilih ini merupakan ujung tombak pada pelaksanaan Pilkada 2024 nanti. Sehingga, tahapan-tahapan selanjutnya bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (cr4/fat)