Pati  

Sudewo Didukung 85 Persen Kades

HADIRI: Sudewo saat menghadiri acara bersama kepala desa di Hotel New Merdeka, Kamis (20/6/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Ratusan kepala desa atau kades di Kabupaten Pati memberikan dukungan kepada Sudewo di Pilkada 2024. Mereka sudah mendeklarasikannya di Hotel Merdeka yang setidaknya dihadiri sebanyak 380 kades dari sejumlah wilayah di Bumi Mina Tani ini.

Salah satu peserta, Kades Semampir, Parmono mengklaim, sebagian besar kades di Pati memberikan dukungan kepada Sudewo di Pilkada November 2024 nanti. “Mayoritas 85 persen kades di Pati mendukung Pak Sudewo. Semua kepala desa secara spontan langsung (mendeklarasikan dukungan),” ucapnya, Kamis (20/6/24).

Tak hanya sekedar memberikan dukungan, pihaknya siap memenangkan Sudewo di Pilkada mendatang, dengan target setiap wilayah di Pati meraup 80 persen suara. “Ini dukungan dan deklarasi agar menjadi Bupati Pati. Bukan lagi calon. Makanya kita berani seperti itu,” ujarnya.

Baca juga:  Pati Dapat Skor di Atas 80 dalam Survey Penilaian Integritas

Parmono mengaku alasan para kades di Pati mendukung karena dinilai sudah teruji. Salah satunya lewat programnya di DPR RI. “Kami cenderung mendukung Pak Sudewo menjadi Bupati, pertama program aspirasinya. Setiap desa sudah menikmati semua. Jalan, bedah rumah, jamban,” pungkasnya.

Sementara itu, peluang Sudewo jadi calon bupati (Cabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati 2024 semakin terbuka lebar. Pasalnya, kini disebut sudah ada tiga partai politik (Parpol) yang siap mengusung anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu.

Tiga partai tersebut antara lain Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Nasdem. Hal ini disampaikan Sudewo usai acara bersama para kepala desa di Hotel New Merdeka, Kamis (20/6/24).

Baca juga:  Pejabat Pemkab hingga Pendidik Dibekali Pencegahan Korupsi

Sudewo optimis sejumlah parpol lainnya segera merapat mengusung dirinya sebagai Cabup Pati. Di antaranya yakni Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Kalau (pengusung) saya yang sudah pasti adalah Partai Gerindra, partai saya sendiri, PKB dan Partai Nasdem. Sedangkan partai yang tengah komunikasi, yang Insyaallah akan segera terbit rekom juga adalah Partai Golkar, PPP, PKS,” ucapnya, Kamis (20/6/24).

Tak hanya koalisi yang mengerucut, Sudewo menyampaikan jika Bacawabup pendampingnya akan segera diumumkan. Bahkan, kandidatnya disebut sudah ada. Namun yang bakal berduet dengannya masih menjadi rahasia dan hanya menyebut sosok calon wakilnya bisa dari kader partai maupun luar partai. “Calon wakil Insyaallah bulan ini sudah bisa kami sampaikan kepada Publik. Kandidat wakil juga sudah ada,” lanjutnya.(lut/sam)