Dari Teori ke Praktik: Kunjungan Mahasiswa HKI UIN Salatiga di Pengadilan Agama Kota Malang

SUASANA: Kunjungan Program Studi HKI Fasya UIN Salatiga ke Pengadilan Agama Kota Malang, Jumat (21/6/2024). (HUMAS/JOGLO JATENG)

MALANG, Joglo Jateng – Sebanyak 148 mahasiswa dari Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah (Fasya) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga mengikuti kunjungan ke Pengadilan Agama Kota Malang, pada Jumat (21/6/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sistem peradilan agama di Indonesia. Dari yang sejauh ini sudah dipelajari mereka secara teori di bangku perkuliahan, hingga mendapat pengetahuan dari segi praktiknya.

Rombongan mahasiswa dipimpin oleh Dr. Moh. Khusen, M.Ag., M.A. selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Syariah, Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, serta sejumlah dosen dan tenaga pendidik.

Baca juga:  SMP 1 Jekulo Buka Posko Informasi Hingga Hari Terakhir

Dalam sambutannya, Dr. Moh. Khusen, M.Ag., M.A., menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa mengenai proses hukum di pengadilan agama.

“Kegiatan ini penting untuk memberi mahasiswa gambaran nyata tentang proses peradilan dalam konteks hukum keluarga dan agama di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi kerja sama antara Fasya UIN Salatiga dan Pengadilan Agama Kota Malang. Di antaranya dapat berupa penelitian bersama maupun program magang bagi mahasiswa.

“Kunjungan ini juga bertujuan menjajaki kemungkinan kerjasama antara Fasya UIN Salatiga dan Pengadilan Agama Kota Malang” tambah Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd.

Baca juga:  SD 3 Jepang Fasilitasi Siswa Daftar PPDB

Selama kunjungan, mahasiswa berkesempatan mengamati persidangan kasus perdata dan perceraian yang sedang berlangsung.

Mereka juga berdiskusi dengan hakim dan pegawai pengadilan untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan proses hukum.

Ketua Pengadilan Agama Kota Malang, Dra. Nurul Maulidah, S.Ag., M.H., menyatakan bahwa kunjungan semacam ini penting untuk menjembatani kesenjangan antara teori yang dipelajari di bangku kuliah dengan praktik di lapangan.

“Kami berharap kunjungan ini dapat memberi inspirasi bagi mahasiswa untuk memahami pentingnya keadilan dan profesionalisme dalam karir hukum,” ungkapnya.

Baca juga:  Jerat Patriarki dari Seorang Alumni Pesantren yang Kehilangan Akhlaknya

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Fakultas Syariah untuk melengkapi kurikulum dengan pengalaman praktis di lapangan, sehingga mahasiswa lebih siap terjun ke dunia kerja.

Mahasiswa menyambut kegiatan ini dengan antusias dan berharap dapat memanfaatkan pengalaman ini sebagai bekal dalam mengembangkan keterampilan di bidang hukum.

Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk mendukung pendidikan dan pengembangan kompetensi mahasiswa HKI Fakultas Syariah UIN Salatiga. (hms/adf)