Ajak Anak Berkreasi dan Belajar Sambil Bermain di Perpus Kota Yogyakarta

MENGAMATI: Siswa saat belajar sambil bermain dalam kegiatan SASKIA di DPK Kota Yogyakarta, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta menggelar kegiatan selama liburan bagi siswa kelas 4-6 SD/MI dan 7-8 SMP/MTS untuk mengikuti liburan di Perpus kota secara gratis di halaman DPK 3-4 Juli mendatang. Kegiatan itu sekaligus untuk mengajak siswa berekreasi sambil belajar.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengungkapkan, setiap libur sekolah, pihaknya rutin menggelar kegiatan gratis untuk pelajar. Kegiatan yang dilaksanakan bersifat kreatif dan edukatif bagi anak-anak.

Baca juga:  Masyarakat Pesisir Diberi Pelatihan Medis Dasar

“Selain Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (SASKIA), kami juga menggelar kegiatan Liburan di Perpus Kota Yogyakarta. Kegiatan itu menawarkan program kegiatan belajar sambil berkreasi bagi pelajar di Kota Yogyakarta,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, Liburan di Perpus Kota Yogyakarta mengangkat tema Bermain Seru di Wahana Literasi Perpustakaan Kota Yogyakarta. Kuota kegiatan itu hanya 70 peserta yang dapat diikuti oleh pelajar kelas 4-6 SD/MI serta kelas 7-8 SMP/MTS.

“Kita akan melakukan ragam kegiatan, terdiri dari Kreasi Gesek Godong di Tas Kecil, Kreasi Batik Abstrak di Sapu Tangan, Kreasi Kipas Deco, dan Melukis Cangkir Enamel, yang juga bekerja sama dengan Komunitas Omah Kreatif Loedji 16 sebagai instruktur kegiatan. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada laman bit.ly/liburpuskot2024,” tambahnya.

Baca juga:  Polres Bantul Gandeng Seniman Gelar Pameran Seni Rupa

Menurutnya, selain sebagai media rekreasi dan peningkatan literasi, kegiatan Liburan di Perpus Kota Yogyakarta juga bertujuan untuk mendekatkan perpustakaan pada anak-anak. Sehingga siswa bisa merasa bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan.

“Ini menjadi salah satu tugas kami bagaimana agar anak-anak, pelajar di Kota Yogyakarta bisa familier dengan perpustakaan. Serta mendapatkan pengalaman yang menarik ketika belajar, membaca serta berkegiatan di Perpustakaan,” paparnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan Liburan di Perpus Kota Yogyakarta dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi pelajar Kota Yogyakarta. Sehingga momen liburan sekolah menjadi lebih produktif dan berkualitas.

Baca juga:  Sultan HB X Ingatkan Pemkab Gunungkidul Perketat Proses Investasi

“Kegiatan ini juga merupakan cara kami untuk meningkatkan penggunaan layanan perpustakaan. Supaya siswa dapat meningkatkan kegemarannya dalam membaca,” pungkasnya. (riz/abd)