Jepara  

Bangun Food Court untuk Kesejahteraan Masyarakat

TERANGKAN: Direktur BUMDes, Agus Nuryanto sedang menjelaskan progres pembangunan food court di belakang Balai Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Joyo Proyo, Pemerintah Desa (Pemdes) Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus telah mengelola unit usaha bidan food and beverages atau makanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan menyokong kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Direktur BUMDes Joyo Proyo, Agus Nuryanto menjelaskan, BUMDes ini masih ditahap merintis yang baru berdiri per Januari 2024. Pelaksanaannya baru ditahap pembangunan sarana dan prasarana.

“Atas penyertaan modal dari Pemerintah Desa, BUMDes segera melaksanakan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dengan adanya food court ini, masyarakat bisa lebih mudah untuk memperkenalkan produknya. Dari masyarakat untuk masyarakat juga,” ujarnya.

Baca juga:  Ketua DPRD Jepara Beri Motivasi Santri soal Pentingnya Politik

Dia menyebut ada 10 kios yang tersedia. Dia juga melakukan pemberdayaan masyarakat yang menyediakan makanan kearifan lokal Desa Gondangmanis. Atau mengkaji beberapa UMKM yang sudah punya usaha agar pelanggan konsumennya bisa mengarah kesana.

“Kita sediakan juga untuk masyarakat bagi yang punya produk usaha kemasan. Nanti bisa dijajakan di pusat oleh-oleh secara gratis. Kami sedang proses pembuatan bangunannya dengan ukuran 4×12 meter,” ucapnya.

Ia berharap pedagang bisa mengontrol kemasan tersebut terkait kebersihan, kadaluarsa dan sebagainya. Dengan cara begitu, nanti bisa menambah pemasukan desa. Sementara untuk administrasi input output, ia masih minta bantuan desa lestari.

Baca juga:  Gus Haiz Harap Teknisi Ponsel Bisa Jaga Profesionalitas

“Sosialisasi tersampaikan setiap kali ada pertemuan rutin. Berhubungan BUMDes ini masih merintis, dukungan dan ikut andil didalamnya ini pemdes sangat kita perlukan. Dengan adanya food court ini menjadi wajah baru bagi desa ini,” ungkapnya.

Ia mengharapkan perencanaan step by step, di era modern ini dituntut untuk selalu berinovasi. Rencana kedepan ia akan membentuk influecer sebagai konten kreator dengan tujuan membuatkan iklan untuk masyarakat, memasarkan produknya secara online.

“Saya berharap, food court ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM. Meskipun desa ini belum mempunyai wisata, kami mencoba untuk menggali potensi ke arah situ,” bebernya.

Baca juga:  Ruang Terbuka Hijau di Jepara Baru 18,12 Persen

Sementara itu, Kepala Desa Gondangmanis, Susanto mendukung penuh adanya BUMDes ini agar selalu berkembang. Bukan hanya sebatas perencanaan saja, namun harus bisa berlanjut. Ia juga melakukan pendampingan terhadap proses awal BUMDes berdiri.

“Saya sampaikan kepada BUMDes inovasi yang ada. Sebisa mungkin di manfaatkan dengan sebaik-baiknya agar menunjang kesejahteraan masyarakat melalui bidang UMKM,” pungkasnya. (cr3/fat)