Pati  

Dema STAI Pati Adakan LDKM

PATI, Joglo Jateng – Dewan mahasiswa (Dema) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati mengadakan  Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa atau LDKM. Kegiatan yang bertema “Pemimpin Muda untuk Generasi Emas: Membangun Karakter dan Integritas” itu digelar di Aula Gedung D Kampus STAI Pati, Sabtu (22/6/2024) lalu.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini menghadirkan Master of Ceremony (MC) ternama di kota Pati yakni Iqbal NGEBES dan sejumlah pemaparan materi yang terdiri terdiri dari 3 sesi. Antara lain Camat Jaken RM. Ahmada Mangkunegara,  Abdullah Syafiq Muadz Ketua PC Ansor Pati dan Ketua LPPM STAI Pati Indar Wahyuni.

Baca juga:  385 Kades di Pati Terima Perpanjangan Masa Jabatan

Adapun peserta dalam kegiatan ini diikuti kurang lebih 110 mahasiswa. Baik mahasiswa dari internal STAI Pati juga hadir delegasi mahasiswa dari kampus-kampus sahabat, yang telah membangun jejaring dengan Dema STAI Pati.

Ketua LPPM STAI Pati mengungkapkan, kegiatan ini berlangsung dengan lancar. Meskipun dengan persiapan waktu yang cukup singkat dan kesibukan masing-masing panitia menjelang Ujian Akhir Semester atau UAS.

“Saya mengamati acara ini lebih siap. Dilihat dari kesiapan acara, logistik, dan koordinasi antar divisi di kepanitiaan. Ini yang harus dipertahankan. Untuk kedepannya, semoga pelatihan ini bisa naik level menjadi lingkup nasional atau minimal se-Jateng DIY,” ungkapnya.

Baca juga:  Usai Terbakar, SPBU Bangkalan Pati Dihentikan Sementara

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih jiwa kemimpinan para mahasiswa. Dengan demikian diharapkan mereka bisa calon pemimpin di masa depan.

“LDKM merupakan kegiatan pelatihan tingkat dasar untuk mahasiswa di bidang leadership. Tujuannya yakni memberikan pembekalan skil bagi mahasiswa sebagai pemimpin masa depan menyogsong Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dema STAI Pati, Lukman. LDKM dinilai jadi pijakan awal dalam membentuk karakter mahasiswa sebagai calon pemimpin penerus bangsa

“Kegiatan ini adalah ikhtiar dari Dema STAI Pati untuk membekali dan menyiapkan calon-calon pemimpin di masa mendatang. Dengan membentuk karakter dan mental mahasiswa menuju mental yang selayaknya di miliki oleh seorang pemimpin,” tambahnya. (lut)