Festival Seni hingga Bedah Rumah akan Ramaikan Harkopnas

SUASANA: Rapat Komisi B bersama Dinkop UKM Jawa Tengah dan Denkopwil di Ruang Rapat Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, belum lama ini. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah bakal menggelar peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) pada 12 Juli 2024 mendatang di Salatiga. Akan ada festival seni, bedah rumah tidak layak huni (RTLH) hingga jambanisasi. Diperkirakan sebanyak 10 ribu koperasi aktif yang akan meramaikan kegiatan itu.

“Ada gerakan koperasi peduli sebagai wujud kepedulian untuk masyarakat dan anggota koperasi. Bentuknya bedah RTLH, jambanisasi, pemberian sembako untuk menangani stunting,“ jelas Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM, Desi Arijan di Semarang, belum lama ini.

Tak hanya itu, lanjut Desi, berbagai kegiatan lain seperti fun aerobic, festival seni budaya, hingga lomba publikasi koperasi juga turut meramaikan Harkopnas ke-77 pada Juli 2024 mendatang.

Baca juga:  PKB Ajukan 3 Nama Cawalkot Semarang

Desi menuturkan, tema Harkopnas ke-77 ialah ‘Tumbuh dan Kuat Bersama Koperasi’. Melalui pemilihan tema itu, ia ingin kehadiran koperasi sebagai wujud ekonomi kerakyatan bisa dirasakan kehadirannya di masyarakat.

“Agar hari koperasi semakin tumbuh menjamur dan kuat di masyarakat. Biar kita ikut andil di dalam perekonomian, utamanya Jateng, nanti selanjutnya perekonomian secara nasional,” jelas Desi.

Lebih lanjut, Desi turut menyinggung pertumbuhan koperasi yang masif di Jawa Tengah ada di Kota Semarang. Kendati begitu, ia menyebut pertumbuhan koperasi di Jawa Tengah tergolong cukup merata. Dengan kemudahan itu, ia berharap eksistensi koperasi masih bertahan di tengah-tengah masyarakat kini.

Baca juga:  Meski Ribuan Buruh Kena PHK, Tingkat Pengangguran Menurun

“Tetapi semua tumbuhlah secara merata, karena kemudahan yang diberikan pemerintah. Yang mana di PP 7/21 itu koperasi sebelumnya harus 20 orang, sekarang 9 orang bisa mendirikan koperasi,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Setia Budi Wibowo membeberkan kegiatan lain dalam rangkaian Harkopnas ke-77 di Jawa Tengah. Yakni, upacara dalam rangka Harkopnas.

“Ada agenda klasik tetapi membangkitkan memori lama teman-teman gerakan, yaitu upacara dalam rangka Harkopnas. Sejak pandemi, gerakan koperasi se-Jateng belum pernah menggelar upacara bareng se-Jateng,” ujar Wibowo.

Baca juga:  Harganas ke-31 di Jateng: Perkuat Peran Keluarga Bangun Generasi Emas dan Tekan Stunting

Tak hanya itu, lanjut Wibowo, akan ada acara ziarah ke makam penggiat gerakan koperasi di Jawa Tengah.  “Setiap tahun kita anggarkan untuk Harkopnas, agar setiap tahun Dinkop UKM tetep bisa menggelorakan semangat koperasi, gotong royong, kebersamaan,” bebernya.

Menurutnya, semangat koperasi tak boleh padam di tengah gempuran bisnis besar di Jawa Tengah. “Bahwa berekonomi, berbisnis itu tidak harus individual. Harus bareng-bareng, semangat koperasi di sana,” tandasnya. (luk/gih)