JOSS Jurangjero Rayakan Anniversary ke-4 dengan Mengumpulkan 46 Komunitas Sepeda Tua Se-Jawa

EKSIS: Komunitas Sepeda Tua Indonesia dari berbagai daerah se-Jawa ikut memeriahkan acara anniversary JOSS ke-4 di Desa Jurangjero, Kecamatan Sluke, Minggu (23/6/24). (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Jurangjero Ontel Sejuta Sahabat (JOSS) Desa Jurangjero, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang memperingati anniversary ke-4. Pada acara tersebut, JOSS menghadirkan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) se-Jawa sebanyak 46 komunitas.

Salah satu panitia acara, Paimin Aji menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperingati ulang tahun komunitas JOSS yang ke-4 sekaligus mengadakan kegiatan rutin Kosti. Kebetulan ontelista yang banyak yang ikut memeriahkan acara.

“Bertepatan dengan ulang tahun Joss, kami sekaligus mendatangkan ontelista se-Jawa. Kebetulan komunitas ontel di Rembang sangat solid. Sehingga bisa menghadirkan ontelista dari berbagai daerah,” tuturnya kepada Joglo Jateng, Minggu (23/6/24).

Baca juga:  Pemkab Rembang Upayakan Bantuan Embung Dilahan Pertanian

Ia menyebutkan, beberapa Kosti yang ikut memeriahkan acara ini antara lain dari Jakarta, Tegal, Pemalang, Brebes, Solo, Klaten, Banyuwangi, Kediri, Gresik, Mojokerjo, Ngawi dan lainnya tidak dapat disebutkan satu persatu. Jumlahnya lebih dari 46 komunitas.

“Antusias mereka sangat luar biasa. Karena ketika ada undangan perkumpulan, selama itu tidak ada acara lain mereka hadir. Meskipun jarak yang jauh tidaklah menjadi masalah. Karena tujuan adanya komunitas ini untuk menyatukan ontel-ontel tua seluruh Indonesia dan melestarikan sepeda tua,” terangnya.

Lebih lanjut, aksi perayaan komunitas ini dimulai dari lapangan sepak bola Desa Jurangjero, belok kanan, lalu melintasi wilayah Jurangjero menuju pantai sari jati. Kemudian, melintas jalan pantura lalu balik lagi ke lapangan bola Jurangjero dengan menempuh jarak 8 kilometer.

Baca juga:  Dukcapil Rembang Beri Layanan Sipendik Online hingga Cetak E-KTP

“Di Rembang ada 16 komunitas ontel yang ikut memeriahkan acara ini. Sembari berolahraga, aktifitas sepeda tua ini sama saja melestarikan benda- benda bersejarah dan antik,” bebernya.

Ia berharap kedepan pada ulang tahun JOSS lebih meriah lagi. Selain itu juga bisa mengundang Ontelis dari luar Jawa agar bisa berkumpul seluruh Indonesia. (cr3/fat)