Kota Atlas Jadi Tuan Rumah Perayaan Harganas

AKTIVITAS: Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat memimpin rapat koordinasi persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Minggu (23/6/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Kota Semarang terpilih menjadi tuan rumah dalam Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31. Menurut jadwal, acara ini akan berlangsung di Lapangan Simpang Lima Kota Semarang pada Sabtu (29/6/2024) mendatang.

“Kota Semarang mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan ini. Karena salah satu alasannya karena mampu menurunkan angka stunting 10 persen. Sehingga menjadi satu percontohan, success story terkait masalah stunting,” ucap Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu saat memimpin rapat koordinasi persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Minggu (23/6/24).

Baca juga:  Festival Bunkasai, Beri Wadah Masyarakat Mengenal Budaya Jepang

Rencananya, acara itu akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Gubernur Jateng, serta Wali Kota/Bupati seluruh Indonesia. Perayaan Harganas kali ini membawa tema terkait cara untuk membangun konsep penanganan stunting, “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.

Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita mengungkapkan, alasan Kota Semarang terpilih menjadi tempat penyelenggara lantaran dinilai mampu menangani permasalahan stunting. Maka dari itu, pihaknya akan mengajak seluruh elemen dan stakeholder terkait yang telah bekerja sama menangani stunting di Kota Semarang untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Baca juga:  PKB Ajukan 3 Nama Cawalkot Semarang

“Di sini minimal 10 ribu orang hadir dari seluruh Indonesia. Sehingga harus disiapkan pelayanannya. Seperti oleh-oleh, suvenir agar lebih siap. Nah ini kita yang harus tangkap untuk promosi,” jelasnya.

Nantinya, kata dia, rangkaian kegiatan ini akan berlangsung selama sepekan mulai 23-29 Juni 2024 di beberapa wilayah di Kota Semarang. Kemudian, puncaknya akan berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang pada 29 Juni 2024.

“Untuk memeriahkan acara itu, nanti juga akan digelar wisuda lansia, masak-masak, dan gerakan Kembali ke Meja Makan. Serta khitanan massal, donor darah hingga pelayanan KB di perusahaan yang terpusat di PT SAMI,” ujar Mbak Ita.

Baca juga:  RSUD dr. Adhyatma, MPH Terapkan Inovasi IMPORTANT, Beri Keterbukaan Informasi Tempat Tidur Kosong secara Real Time

Nantinya, imbuh dia, ada pula beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan setiap daerah. Juga pameran Pembangunan Program Bangga Kencana.

Sebagai informasi, Program Bangga Kencana merupakan rebranding dari Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Hal itu sebagai upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, melalui berbagai kelompok kegiatan di masyarakat. (int/adf)