Latih Mental dan Karakter Pemuda

TANGGAP: Para peserta Persami Saka Wira Kartika tengah mengikuti uji ketangkasan di Makodim 0711/Pemalang, Minggu (23/6/24). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Diikuti oleh ratusan peserta yang mewakili masing-masing Koramil, Kodim 0711/Pemalang mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika di Makodim 0711/Pemalang pada 22-23 Juni. Dengan tujuan utama untuk melatih, serta memupuk mental, karakter, kemandirian dan kepemimpinan para pemuda yang mengikuti Persami.

Pasiter Kodim 0711/Pemalang Lettu Arm Norma Firdaus menuturkan, kegiatan ini menjadi ajang pembinaan generasi muda oleh TNI AD dalam wadah pembinaan gerakan Pramuka Saka Wira Kartika  yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pandega. Dengan total ada 138 peserta, mereka hadir mewakili seluruh koramil yang berada di wilayah binaan Kodim 0711/Pemalang.

Baca juga:  Dewan Soroti 5 Isu Penting, Sampah Jadi Terbesar

“Persami dapat menjadi salah satu sarana bagi peserta pramuka untuk mengasah karakter dan kemampuan dalam berkompetisi, menghadapi tantangan, bekerja sama dalam tim, dan mengasah kreativitas pemuda,” tuturnya, Minggu (23/6/24).

Pihaknya menerangkan, setiap peserta akan diberikan bimbingan pengetahuan wawasan kebangsaan meliputi pemahaman sejarah Indonesia, cinta tanah air dan toleransi budaya yang sangat penting bagi para peserta pramuka. Hal ini bisa membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang memiliki kesadaran bela negara secara dini, untuk mencegah pudarnya rasa cinta tanah tanah air di kalangan sekarang ini.

Baca juga:  Lestarikan Lingkungan dengan Tanam 750 Pohon

Selain itu, pihaknya melakukan Uji 5 Krida, terdiri dari Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Mounteneering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana alam menjadi salah satu tantangan bagi para peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0711/Pemalang, dalam menguji kemampuan mereka menghadapi variasi tantangan. Setiap krida menguji kemampuan peserta dalam menghadapi situasi yang berbeda, sejalan semangat kepramukaan. Hasil pengujian diharapkan akan melahirkan pemimpin masa depan yang handal, mandiri dan tangguh.

“Di samping ujian dan materi, semua peserta diberikan kesempatan menunjukkan bakat dan kreativitasnya dalam Pentas Seni. Untuk menjadi satu-satunya acara yang menampilkan kreasi para peserta dan menjadi wahana sangat baik bagi peserta dalam mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka,” pungkasnya.(fan/sam)