Figur  

Temukan Kepercayaan Diri lewat Sosmed

Sheirinda Akhirusani Samsuri
Sheirinda Akhirusani Samsuri. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

SIAPA kira, sosial media (sosmed) selalu berdampak negatif. Lewat sosmed pula, banyak menghasilkan orang-orang yang selama ini tidak mau bicara di depan publik mendapatkan ruangnya. Sosmed yang selalu dianggap negatif itu ternyata membuat orang mampu mempelajari public speaking secara taktis meskipun virtual.

Hal itu yang dirasakan Sheirinda Akhirusani Samsuri, mahasiswa pertanian yang saat ini aktif di sosmed. Baginya, sosmed membukakan peluangnya menumbuhkan keberanian untuk memproduksi video dan berbicara di depan kamera.

“Bisa ningkatin soft skill kaya ngomong di depan kamera dan melatih intonasi mimik dan lain sebagainya. Jadi aku belajar buat menarik audience nonton sampai selesai,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Tetap Produktif di Tengah Padatnya Kesibukan

Sheirin aktif membagikan video review berbagai brand makeup di Instagramnya. Bahkan, tidak lagi hanya sekedar review karena mendapatkan manfaat dari produk yang ia pakai, sekarang, kegiatan itu membuatnya bisa dipercaya para vendor untuk promosi.

Saat ini, ia memang masih termasuk dalam kategori nano Key Opinion Leader (KOL). Namun ia pun berambisi agar bisa lebih dari nano KOL. “Awalnya dari hobi gitu karena biasanya kan suka bahas skincare atau makeup sama teman. Terus pengin bikin video review setelah ngelihat salah satu teman aku yang bikin,” ujarnya.

Baca juga:  Tekuni Dunia Dansa, Catherine Jadi Guru sejak SMP

Meskipun statusnya sebagai mahasiswa dari jurusan agroteknologi atau pertanian, hal itu tidak menghalanginya untuk menggemari review makeup. Bahkan ia sangat terbuka jika suatu waktu nanti juga bisa me-review berbagai produk pertanian.

“Tapi sekarang kalau mau produk pertanian belum bisa. Kecuali nanti kerja di bidang pertanian, bakal aku bahas, tapi di akun pertanian. Karena kalau target audience-nya  nyampur, algoritma sosmed Instagram dan Tiktoknya jadi susah naikin video aku ke viewers yang tepat. Apalagi followers aku kebanyakan tertarik ke beauty, jadi nggak bisa tiba-tiba pindah haluan,” tandasnya. (nik/abd)