Donor Darah HUT ke-77 Pemkot Yogyakarta: Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dan ASN untuk Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

Ketua Tim Kerja Penjaminan Peningkatan Mutu Kesehatan, Dinkes Kota Yogyakarta Tuty Fidyawati
Ketua Tim Kerja Penjaminan Peningkatan Mutu Kesehatan, Dinkes Kota Yogyakarta Tuty Fidyawati. (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta menggelar donor darah dalam rangka HUT ke-77 Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta di Graha Pandawa Balai Kota Yogyakarta, hari ini. Kegiatan itu bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyumbangkan darahnya.

Ketua Tim Kerja Penjaminan Peningkatan Mutu Kesehatan, Dinkes Kota Yogyakarta Tuty Fidyawati mengatakan, donor darah ini merupakan kegiatan rutin tahunan, di mana sasaran utamanya adalah ASN, TNI/Polri, Kejaksaan, dan masyarakat umum. “Harapannya bisa mendatangkan 200 pendonor darah, meskipun biasanya hanya 70 persen dari mereka yang bisa mendonorkan darahnya. Biasanya karena Hemoglobin (Hb) yang menurun,” ungkapnya, Senin (24/6/24).

Baca juga:  Ajak Anak Berkreasi dan Belajar Sambil Bermain di Perpus Kota Yogyakarta

Dijelaskan bahwa partisipasi ASN di lingkungan Pemkot sangat tinggi, namun terkendala saat dilakukan pengecekan tidak lolos. Seperti saat pengecekan tensi lolos, namun saat dilakukan Hb ada yang menurun. Sehingga tidak bisa ikut mendonorkan diri.

“Maka dari itu, kami berharap masyarakat maupun ASN yang akan mengikuti donor darah bisa menjaga kesehatan, tidak minum obat selama satu minggu terakhir, tidur yang cukup, dan asupan makan yang cukup ketika akan datang mendonor,” tambahnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah di Kota Yogyakarta sangat tinggi. Karena sampai saat ini stok masih tercukupi. Bahkan, saat Dinkes menggelar donor darah, mereka sudah paham akan tatarannya.

Baca juga:  Jalin Sinergi, Tegakkan Keadilan untuk Harmoni Hukum DIY

“Untuk tenaga pemeriksa dan untuk pengambilan darah berasal dari PMI Kota Yogyakarta. Serta pendonor akan mendapatkan paket hiburan dan konsumsi setelah mengikuti kegiatan tersebut,” pungkasnya. (riz/abd)