Figur  

Foto Tetangga Jadi Inspirasi Raih Prestasi

Xena Carissa Verin
Xena Carissa Verin. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

INSPIRASI bisa didapat dari mana saja. Seperti Xena Carissa Verin, yang terpacu untuk bisa meningkatkan prestasi saat melihat foto tetangga bersama Presiden RI Joko Widodo. Hal itu juga yang kemudian mengantarkannya meraih berbagai prestasi dalam beberapa kejuaraan di bidang karate, seperti Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Xena menceritakan, awal mula ikut berlatih Karate adalah saat dirinya duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) dengan kemauan sendiri. Motivasinya ia dapat ketika melihat tetangganya yang bisa foto dengan Presiden Indonesia.

Baca juga:  Tetap Produktif meski Mengidap Kista di Usia Muda

“Saat TK saya main ke rumah tetangga, di sana melihat banyak sekali piala dan piagam kejuaraan karate, serta foto tetangga bersama Joko Widodo. Dari situlah saya termotivasi dan mulai ingin ikut berlatih dan menggeluti karate,” ungkapnya, belum lama ini.

Dengan tekad dan kerja keras dalam menekuni karate, membuat Xena mampu menorehkan segudang prestasi dari karate. Bukan tanpa hambatan, Xena mendapatkan berbagai kesulitan saat berusaha meraih prestasi tersebut.

“Kesulitan yang saya alami adalah waktu harus membagai antara waktu belajar dan berlatih. Karena kadang waktu saling bertabrakan. Meski begitu, pihak sekolah tetap mendukung saya untuk mendapatkan prestasi,” tambahnya.

Baca juga:  Berkomitmen Jadi Kader Militan

Meskipun mengalami kendala dalam pembelajaran akademik, tidak menjadikannya patah semangat. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi yang sangat membanggakan, baginya dan orang tua.

“Kejuaraan yang belum lama ini saya dapat dari O2SN. Mendapatkan juara tiga pada tahun lalu, serta mendapatkan Kejurda karate dengan meraih juara dua,” terangnya.

Siswi kelas VII itu menambahkan, karena dirinya merasa kurang pandai dalam akademik membuat dia akan lebih fokus dalam karate. Hal itu ia lakukan supaya ke depan tetap bisa membanggakan orang tua melalui prestasi non-akademik.

Baca juga:  Mahasiswa UAD Bercita-Cita Bangun Brand Baju Sendiri, Cireng Jadi Modal Awal

“Harapan saya, bisa mendapatkan juara satu dalam kejuaraan supaya membanggakan nama sekolah dan keluarga. Selain itu bisa berfoto presiden maupun orang penting yang ada di Indonesia,” pungkasnya. (riz/abd)