Pemkab Bantul Wacanakan Semua Sekolah Jadi Favorit

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berencana membuat semua sekolah di Projo Tamansari menjadi sekolah favorit. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, Senin (24/6/24). Adanya wacana tersebut diharapkan dapat menghapus stigma di masyarakat, khususnya calon siswa saat akan mendaftar ke sekolah tertentu.

“Ke depan, sekolah kita ini harus dibikin favorit semua. Jadi tidak ada kesenjangan lagi antara sekolah satu dan lainnya. Semua sama,” ujar Joko Purnomo, Senin (24/6/24).

Selain itu, dikatakan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara online merupakan bagian strategi untuk mempercepat pelayanan. Sehingga masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan pendaftaran anaknya ke sekolah. “Pendaftaran online ini mempercepat akses masyarakat untuk mendapatkan sekolah untuk putra putrinya,” ujarnya.

Baca juga:  Tinjau Kampung Ngunen-Unen untuk Tingkatkan Status Proklim

Namun demikian, meskipun mekanisme pendaftaran online menjadi suatu terobosan yang baik, tetapi juga terdapat kendala lain. Seperti halnya akses server yang lambat ataupun kendala jaringan tertentu.

“Kendalanya itu mungkin ada yang mengalami keterlibatan aksesnya. Sehingga ini akan terus kita evaluasi agar lebih baik lagi,” imbuhnya.

Selain itu, Joko juga menyinggung soal titip KK dalam pendaftaran PPDB. Menurutnya, hal itu tidak boleh lagi terjadi. Karena sistem ini sendiri mempertimbangkan anak didik yang berada di sekitar sekolah.

“Kami sudah sampaikan, tidak boleh lagi menitip KK atau manipulasi-manipulasi. Karena hari ini kita betul-betul konsentrasi untuk bisa merekrut dan menampung anak-anak Bantul yang memiliki rumah atau tinggal di sekitar sekolah negeri. Sehingga mereka bisa mendapatkan akses mudah untuk sekolah di sekolah terdekat,” tandasnya. (nik/abd)