Jepara  

Tingkatkan Kunjungan dan Pendapatan Daerah, Disparbud Jepara Gelar Pelatihan Digital untuk Pelaku Wisata

PENJELASAN: Kepala Dinas Pariwisata daj Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Moh Eko Udyyono (tengah) saat memberikan pemaparan singkat kepada peserta pelatihan pemasaran digital di Hotel Julia Bandengan Jepara, Senin (24/6/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara menggelar Pelatihan Pemasaran Digital. Kegiatan ini dilakukan untuk pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kepala Disparbud Jepara, Moh Eko Udyyono menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memantik pelaku usaha agar bisa mengembangkan kreativitasnya di dunia bisnis. Utamanya di sektor pariwisata.

“Kegiatan pelatihan pemasaran digital ini merupakan program dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM masyarakat. Khususnya para pelaku usaha kepariwisataan,” jelasnya saat memberikan sambutan, Senin (24/6/24).

Baca juga:  Dukung UMKM Menuju Ekspor, Bea Cukai Kudus Bekali Pengetahuan Para Pelaku UMKM

Menurutnya, potensi wisata yang ada di Jepara belum sepenuhnya tereksplore dan diketahui oleh masyarakat secara menyeluruh. Oleh karenanya, melalui kegiatan pelatihan ini potensi pariwisata bisa tereksplore secara maksimal. Sehingga, bisa berdampak pada peningkatan kunjungan dan pendapatan daerah di wilayah Kabupaten Jepara.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat secara langsung terhadap peningkatan SDM masyarakat terkhusus para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Jepara,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disparbud sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan mengatakan, kegiatan pelatihan ini terdiri dari dua jenis. Yaitu indoor dan outdoor. Nantinya ada pembekalan pengetahuan berupa materi. Kemudian dilanjutkan praktir langsung di lapangan.

Baca juga:  Cabor Renang Jepara Ukir Prestasi di O2SN Jateng 2024

Adapun peserta terdiri dari petugas obyek wisata, Desa Wisata Jepara, Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara, Komite Ekonomi Kreatif, Generasi Pesona Indonesia. Serta Pelaku Usaha Wisata Taman Rekreasi dan Hiburan, dengan jumlah keseluruhan, yaitu 45 peserta.

“Kegiatan kunjungan lapangan atau outdoor pergi ke Surakarta pada hari terakhir. Semoga apa yang telah dibekalkan kepada pelaku usaha, bisa meningkatkan perkembangan pariwisata di Jepara,” paparnya. (cr4/fat)