PPDB SMP Negeri 2 Jetis Lancar, Jalur Afirmasi dan Prestasi Terpenuhi

DAFTAR: Beberapa orang tua yang mengalami kesulitan tengah mendapatkan bantuan dari tim PPDB SMPN 2 Jetis untuk mempersiapkan berkas pendaftaran sekolah, Selasa (25/6/24). (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Memasuki hari ke-2 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), SMP Negeri 2 Jetis belum menemukan adanya kesulitan baik dari server maupun dari pendaftar. Pihaknya menerima pendaftaran calon siswa melalui jalur Afirmasi, Prestasi, dan Perpindahan Orang Tua.

Kepala SMP Negeri 2 Jetis, Gantyo mengatakan, kuota jalur Afirmasi yang tersedia sebanyak 24 siswa telah terpenuhi. Demikian juga dengan jalur Prestasi yang kuotanya sebanyak 40 siswa juga telah mencapai target.

“Sementara itu, jalur Perpindahan Orang Tua dengan kuota delapan siswa masih kosong tanpa pendaftar. Sehingga kuota yang tidak terpenuhi pada jalur perpindahan orang tua akan dialihkan ke jalur zonasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Dari Teori ke Praktik: Kunjungan Mahasiswa HKI UIN Salatiga di Pengadilan Agama Kota Malang

Pihaknya menyebut, total kuota untuk penerimaan siswa baru di SMP Negeri 2 Jetis tahun ini sebanyak 160 siswa. Hingga hari kedua pendaftaran, seluruh proses berjalan tanpa hambatan berarti, meskipun ada beberapa kendala kecil.

“Beberapa calon pendaftar dari luar daerah mengalami kesulitan. Terutama terkait dengan nilai tambahan prestasi yang saat ini tidak lagi dilayani oleh dinas,” tutur Gantyo.

Ia menambahkan, penerimaan siswa untuk jalur Prestasi dihitung berdasarkan nilai rapor dan prestasi. Sementara jalur Perpindahan Orang Tua memerlukan rekomendasi dari instansi terkait. Dokumen seperti kartu keluarga (KK) tidak menjadi perhatian utama pada pendaftar jalur afirmasi yang memiliki kartu PKH atau PIP.

Baca juga:  Ada Ecobrik, Batik Ecoprint hingga Microgreen di Puncak HUT SMP 2 Kaliwungu

“Gelombang selanjutnya yang nanti memerlukan KK. Karena masuk dalam sistem zonasi, sehingga KK menjadi salah satu dokumen penting yang harus diperhatikan. Pendaftaran untuk gelombang ini akan dibuka mulai Senin hingga Kamis (1-4/7/2024). Diharapkan langkah ini dapat mengoptimalkan pemenuhan kuota yang ada,” tuturnya. (suf/adf)