Kudus  

Kandidat Cabup DPC PKB Kudus Mengerucut ke 5 Nama

Ketua DPC Partai PKB Kudus, Mukasiron.
Ketua DPC Partai PKB Kudus, Mukasiron. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa Kudus telah melakukan seleksi kandidat yang bakal mereka usung pada Pilkada serentak. Dari 13 pendaftar, kini tersisa 5 kandidat yang akan berjuang memperebutkan tiket emas.

Ketua DPC PKB Kudus, Mukasiron mengatakan, untuk penjaringan bakal calon bupati (bacabup) maupun bakal calon wakil bupati (bacawabup) sudah selesai dilaksanakan. Kini, semua berkas administrasi mereka akan dikirimkan ke DPP PKB. Selain itu, para kandidat juga sudah mengikuti Uji Kelayakan dan Kompetensi (UKK).

“Semua keputusan di DPP. DPC PKB Kudus tinggal menunggu keputusan itu terkait siapa yang diberikan rekom tahap pertama. Rekom pertama itu penugasan. Pengumuman DPP Agustus. Kami tak bisa memprediksi siapa yang direkom,” ungkapnya, Rabu (26/6/24).

Baca juga:  Empat Jemaah Haji Asal Kudus Dapat Perawatan Intensif

Ia menjelaskan, rekom penugasan diberikan karena DPC PKB hanya memiliki 7 kursi belum mendapatkan 9 kursi. Sedangkan syarat mengusung bacabup maupun bacawabup harus 9 kursi. Artinya, seorang kandidat bacawabup itu nanti harus mencari tambahan kursi (koalisi).

“Kemudian mencari pasangan dan meningkatkan elektabilitas. Rekom pertama itu rekom penugasan nanti tugasnya mencari koalisi untuk bisa menggenapkan syarat. Kedua mencari pasangan wakil dan sosialisasi meningkatkan elektabilitasnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, jika semua tahapan sudah dilakukan, maka rekom tahap kedua akan diturunkan. Maksudnya pemasangan jadi Cabup Kudus maupun Cawabup untuk kemudian didaftarkan ke KPU bersama dengan partai koalisi. Sementara tugas dalam mencari koalisi itu Cabup.

Baca juga:  H. Masan dan Sam'ani Jalani Fit Proper Tes Bacabup PDIP

“Jadi PKB Kudus hanya memberikan pertimbangan. Mereka ibarat mencari jodoh jadi cari yang cocok. Kalau yang daftar PKB dan sudah mendapatkan rekom, berarti DPC PKB yang akan mengumpulkan stakeholder PKB untuk sosialisasi rekom.

Sebelumnya ada 13 kandidat yang mendaftarkan melalui DPC Partai PKB Kudus. Kemudian yang menjalani UKK 5 kandidat. Dari ke 5 kandidat itu juga telah melaksanakan pembekalan di Semarang beberapa waktu lalu. Hasil pembekalan nanti menjadi pertimbangan oleh DPP.

“Nanti dari situ 5 kandidat diambil 1-2 kandidat. Ketika semua dilakukan diharapkan cabup cawabup, sudah menentukan visi misi mereka yang juga tidak beda jauh masyarakat Kudus yang religius dan industri,” pungkasnya. (adm/fat)