Melebihi Kuota, PPDB SMP 1 Kaliwungu Membludak

SIAGA: Panitia PPDB SMP 1 Kaliwungu tengah memberikan informasi dan solusi saat orang tua bersama siswa bertanya keluhan proses PPDB, Rabu (26/6/24). (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Kaliwungu mencatat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di hari pertama sebanyak 398 pendaftar dari kuota 224 pendaftar. Dengan rincian jalur zonasi sebanyak 203 pendaftar, jalur afirmasi sebanyak 40 pendaftat, jalur prestasi sebanyak 153 dan perpindahan orang tua hanya 2 pendaftar.

Kepala SMP 1 Kaliwungu, Abdullah Noor menyebutkan, prinsip pelayanan yang dibuka dalam PPDB kali ini diperuntukkan masyarakat. Khususnya bagi SD/MI yang menggunakan empat jalur.

“Zonasi, prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua. Dan siapapun yang paling dekat dengan sekolah dengan kuota minimal 50 persen dari jumlah kuota maka bisa melakukan pendaftaran,” ujarnga kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  SMPN 1 Imogiri Gelar Karya P5 Asah Kemampuan Wirausaha & Kreativitas

Ia merinci, kuota sebanyak 224 tersebut diantaranya jalur zonasi 50 persen atau 112 siswa, kuota jalur afirmasi 15 persen atau 33 siswa, kuota jalur prestasi 30 persen atau 67 siswa. Serta, kuota perpindahan orangtua 5 persen atau 12 siswa.

“Dan hingga hari kedua ini, pendaftar dari online masih banyak yang input. Bahkan masih datang ke sekolah untuk konsultasi ke pusat informasi PPDB,” bebernya.

Ia memaparkan, operator teknisi dan verifikasi disiapkan untuk masing-masing jalur. Termasuk juga tempat informasi atau konsultasi para calon peserta didik. Kebanyakan kendala yang disampaikan yaitu koordinat alamat dalam KK yang berbeda. Hingga tahapan-tahapan yang belum dipahami.

Baca juga:  Hidupkan Lahan Kosong dengan Kebun Sayur

Pihaknya juga mengimbau agar orang tua atau wali murid selalu memantau perkembangan proses pendaftaran. Sebab merek harus menunggu verifikasi dari website. “Mereka harus memantau perkembangan agar tidak ketinggalan informasi,” tandasnya. (cr1/fat)