Kudus  

Polres Kudus Cek Kesehatan Puluhan Penyandang Disabilitas

PEDULI: Kapolres Kudus memberikan alat bantuan dan memberikan pelayanan kesehatan kepada penyandang disabilitas, Rabu (26/6/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 80 penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan kesehatan oleh Sidokkes Polres Kudus, Rabu (26/6/24). Hal itu merupakan wujud dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 yang akan jatuh pada 1 Juli nanti.

Dalam rangkaian ini, Polres Kudus menggelar aksi sosial berupa bakti kesehatan. Yakni bagi penyandang disabilitas di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo, Kudus.

Tidak hanya memberikan pelayanan pengobatan umum, pemeriksaan TTV, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat dan pemeriksaan kolesterol serta pemberian obat dan Vitamin saja. Namun juga memberikan bantuan kepada disabilitas berupa pemberian kursi roda, kruk, Alat Bantu Dengar (ABD).

Baca juga:  Kemenkumham Jateng Gelar Mobile Intelektual Klinik di Kudus, Lindungi Hak Cipta Produk dan Kreativitas Warga

Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan, kegiatan bakti kesehatan dengan mengunjungi dan memberikan bantuan kesehatan kepada penyandang disabilitas ini dilaksanakan dalam rangka membangun kepedulian terhadap sesama. Kali ini dilakukan kepada para penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan gratis. Kita menyambangi saudara kita penyandang disabilitas dan memberikan bantuan terutama untuk kemudahan aktifitas mereka seperti kursi roda, kruk dan alat bantu dengar,” katanya.

Sementara itu, Ps. Kasidokkes Polres Kudus, Penata TK I dr. Eny Puji Utami menerangkan, pihaknya mengadakan bakti kesehatan berupa pelayanan kesehatan. Hal itu ditujukan kepada para penyandang disabilitas di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo sebanyak 80 orang.

Baca juga:  Camat Gebog Apresiasi Linmas dalam Persiapan Pilkada 2024

“Kita turunkan tim kesehatan dari Sidokkes Polres untuk memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan sebanyak 40 orang. Dan pemberian vitamin dan obat-obatan sebanyak 80 orang,” urainya.

Salah satu peserta yang mendapatmanfaat, Sholeh Saputra, tidak bisa menyembunyikan rasa senangnya mendapatkan bantuan kursi roda dan pelayanan kesehatan gratis dari petugas kepolisian. Dirinya berterima kasih kepada kepolisian Polres Kudus yang sudah mengadakan kegiatan tersebut.

“Saya sangat berbahagia diberi kursi roda ini gratis, ini akan mempermudah aktifitas saya sehari hari. Tadi diperiksa gula darah, asam urat dan tensi,” pungkasnya. (adm/fat)