SD 3 Jepang Fasilitasi Siswa Daftar PPDB

LAYANAN: Dibantu guru SD 3 Jepang, orang tua dan calon peserta didik sedang melakukan konsultasi di hari pertama PPDB, belum lama ini. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Kabupaten Kudus sudah mulai pekan ini. Beberapa orang tua bersama calon peserta didik nampak masih kewalahan melengkapi kelengkapan pendaftaran. Oleh sebab itu, SD 3 Jepang rutin memfasilitasi siswanya untuk mendaftar ke SMP tujuan dengan dibantu oleh para guru.

Kepala SD 3 Jepang, Eko Mardiana menjelaskan, sebenarnya orangtua atau wali siswa sudah memahami bagaimana pendaftaran online. Akan tetapi jika daftar bersama di sekolah mereka lebih nyaman dan yakin.

“Orang tua lebih nyaman dan lebih mantap saat daftar bersama di sekolah. Karena kami nemberikan pelayanan konsultasi mulai hari pertama hingga hari terakhir,” jelasnya.

Baca juga:  Sikapi dengan Bijak Tradisi Perayaan Kelulusan Siswa

Selain itu, dalam pemilihan jalur guru lebih memahami yang pas dan tepat untuk anak. Sehingga mereka tinggal menyiapkan berkas yang dibutuhkan.

“Karena guru lebih tahu kemampuan anak didiknya dan lebih paham batasan zonasi. Selain itu jika ada siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan diarahkan melalui jalur afirmasi. Halnya yang memiliki prestasi kita arahkan ke jalurnya,” imbuhnya.

Dikatakannya pelayanan mendaftarkan siswa-siswi ini dilakukan setiap tahunnya. Untuk memudahkan mereka memasuki jenjang selanjutnya.

“Lulusan tahun ini ada 24 siswa. Kemarin antusiasnya luar biasa pada datang ke sekolah bersama orang tuanya,” katanya. (cr1/fat)