SMP 1 Jekulo Buka Posko Informasi Hingga Hari Terakhir

BUKA LAYANAN: SMP 1 Jekulo masih membuka posko informasi hingga hari terakhir. Calon peserta didik bersama orang tua nya nampak mendatangi posko untuk konsultasi PPDB, Rabu (26/6/2023). (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tiba di hari ketiga, Rabu (26/6/2024). Posko informasi di SMP 1 Jekulo pun masih dibuka hingga hari terakhir, Kamis (27/6/2024).

Menurut keterangan Kepala SMP 1 Jekulo, Ahmad Shofya Edi, posko dibuka mulai hari pertama. Dan antusias dari pagi hingga siang selalu ada orang tua beserta calon peserta didik yang datang untuk konsultasi.

“Posko informasi selalu dibuka untuk para orang tua yang bingung prosesi pendaftaran PPDB. Karena kalu tidak ada posko semacam ini mereka akan kesulitan,” terangnya saat ditemui Joglo Jateng.

Baca juga:  Kunjungi PT TUN Surabaya, Mahasiswa HTN UIN Salatiga Dapat Dorongan untuk Jadi Praktisi Hukum

Kebanyakan, lanjut dia, para orang tua atau wali yang datang bertanya cara perpindahan jalur. Ataupun bertanya terkait hasil verifikasi.

“Rata-rata bertanya sekaligus memantapkan hati apakah sudah terverifikasi atau belum. Karena mereka saat melakukan prosesi di rumah cenderung ragu,” imbuhnya.

Pihaknya juga menjelaskan, banyak juga aduan terkait Surat Keterangan Lulus (SKL) yang belum disesuaikan ketentuan dinas. Padahal link download contoh formatnya ada di website pendaftaran.

“Ini khususnya para calon peserta didik yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI). Karena formatnya berbeda, sehingga harus membuat baru yang sesuai dengan dinas pendidikan,” jelasnya.

Baca juga:  Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Emas Olimpiade Nasional

Sementara pada permasalahan KK rata-rata banyak dari mereka yang tidak mencantumkan KK baru dan KK lama. Atau terkait KK baru yang belum di tanda tangani kepala keluarga.

“Sampai hari ketiga ini banyak yang bertanya terkait teknis. Kalau masalah server relatif aman,” ujarnya.

Ia merinci hingga kini terdapat 341 pendaftar yang telah diverifikasi. Terdiri dari jalur afirmasi 36 pendaftar yang telah diverifikasi, jalur prestasi sebanyak 146
dan zonasi sebanyak 159 pendaftar yang diverifikasi.

“Dari sekian pendaftar ada yang ditolak dan diterima. Sesuai dengan ketentuan dan pemberkasan,” ujarnya. (cr1/fat)