Pati  

Terkait Jabatan Pj Bupati, DPRD Pati Belum Dapat Petunjuk dari Pusat

Ketua DPRD Pati, Ali Badruddin
Ketua DPRD Pati, Ali Badruddin. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Masa Jabatan Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro disebut-sebut akan berakhir pada Agustus 2024 mendatang. Namun hingga kini belum muncul sosok yang akan menggantikan Henggar sebelum adanya Pilkada Pati.

Saat ditanya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badruddin belum mengetahui tentang hal tersebut. Ia menyebut bahwa yang menentukan Pj Bupati merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami belum mendapatkan petunjuk berikutnya untuk mengusulkan atau tidak. Jabatan Pj Bupati Pati dua tahun sudah selesai. Nanti yang mengganti Kementerian Dalam Negeri,” kata Ali, belum lama ini ini.

Baca juga:  Miris, Ayah Tega Perkosa Anaknya Berkali-kali

Ali mengaku tak memiliki kewenangan untuk menentukan sosok yang menjadi pemimpin Kabupaten Pati sementara. Pihaknya hanya bisa mengusulkan nama jika diperintahkan oleh Kemendagri.

“Kalau tidak ada perintahnya kita tidak berani mengusulkan. Kalau mengusulkan itu malah perbuatan yang tidak baik,” ucap dia.

Ia bilang, jika pihaknya mengusulkan nama calon Pj Bupati Pati juga belum pasti menjadi pertimbangan. Karena yang mengatur  Pj Bupati mutlak jadi wewenang pemerintah pusat.

“Kami yang dibawah dikasih siapa-siapa manut. Andaipun ada usulan dari DPRD pun belum tentu direspon. Kalau saya lihat 100 persen tidak direspon. Karena Pemerintah Pusat memiliki pemikiran pandangan sendiri terkait siapa yang sekiranya layak memimpin Kabupaten Pati,” pungkasnya. (lut)