Kudus  

Perpanjangan Masa Jabatan Kades di Kudus Masih Berproses

Pj Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie
Pj Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades) di Kabupaten Kudus hingga kini masih dalam proses. Terbaru, pelantikan perpanjangan masa jabatan mereka pun dijadwalkan berlangsung Juli mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie mengatakan, terkait respon kades-kades se-Kota Kretek perihal perpanjangan masa jabatan selama 2 tahun, dirinya menyebutkan secara administratif sudah di proses. Hanya saja, tinggal menunggu waktu pengukuhan.

“Kita harapkan dapat segera terselesaikan sehingga tinggal cari waktu pengukuhan bersama. Karena di beberapa daerah sudah dilantik. Seperti Demak, Pati, dan Jepara. Insyaallah Juli kita bisa melakukan pelantikan,” ungkapnya, Kamis (27/6/24).

Baca juga:  Pelajar SMP Diberi Edukasi Manajemen Keuangan

Dirinya berharap, para kades bisa menjadi sesosok figur atau orang tua di daerah yang dipimpinnya bagi masyarakat. Semua tingkah dan perbuatan saat di masyarakat bisa menjadi teladan yang baik kedepannya.

“Dalam konteks Pilkada 2024 ini, kades bisa menjadi teladan baik di desanya dalam menciptakan pemilu kondusif. Siapapun calonnya kita hormati,” tandasnya.

Bahkan, pihaknya juga mendapat arahan dari Kemendagri untuk memastikan jalannya pilkada bisa berjalan baik. Koordinasi dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan semuanya juga harus diperkuat. Termasuk dari dinas pendidikan, kemenag, dan lainnya.

Baca juga:  PEKA Muria Genap Setahun Jaga Ekosistem Biodiversity Hutan

“Atau siapapun yang memang bisa kita komunikasikan supaya lancar,” pungkasnya. (adm/fat)