Wabup Bantul Ajak Kalurahan Perkuat Sinergitas

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengajak para lurah yang telah dikukuhkan penambahan masa jabatan untuk bersinergi bersama. Darinya menyebut, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 yang menambah masa jabatan lurah ini membuktikan bahwa pemerintah sangat membutuhkan keberadaan kalurahan.

“Ini membuktikan bahwa pemerintah ini sangat membutuhkan keberadaan kalurahan. Yang di dalamnya mengatur tentang kewajiban dan hak lurah se-Indonesia. Kami mengucapkan selamat,” ungkapnya, belum lama ini.

Menurutnya, ada tiga pilar penting yang perlu dipahami bagi semua lurah. Pilar pertama yang merupakan pilar terbesar yakni masyarakat Bantul. “Yang itu wajib untuk kita layani, karena sesungguhnya kita adalah pelayan dan abdinya mereka,” ujar Joko.

Baca juga:  Padat Karya Diharapkan Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Bantul

Selanjutnya, pilar yang kedua adalah pemerintah kalurahan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang secara langsung berhubungan dan bersentuhan pada masyarakat. Kemudian pilar ketiga yaitu pemerintah kabupaten bersama DPRD.

Untuk itu, dengan dikukuhkannya penambahan masa jabatan lurah ini, dirinya mengajak seluruh lurah untuk memperkuat sinergitas. Pasalnya hal itu sangat penting untuk mendukung pembangunan.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa sinergis dari tiga pilar tersebut dalam rangka mewujudkan Bantul yang harmonis, sejahtera, dan berkeadilan. Dengan harapan, Bantul yang projotamansari, sejahtera, demokrasi, dan agamis dapat terwujud.

Baca juga:  BPS DIY Catatkan Penurunan Ekspor pada April 2024

“Mari kita segera untuk bersinergi. Macul bareng wujudkan rakyat kita tambah seneng. Itu tagline atau sesanti kita,” tandasnya. (nik/abd)