Bupati Pemalang Minta Kemenag Cek Kelayakan Bus Kepulangan Jemaah Haji

Bupati Pemalang Mansur Hidayat
Bupati Pemalang Mansur Hidayat. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menjelang kepulangan jemaah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pemalang diminta mengecek atau mengontrol kondisi kendaraan transportasi bus yang digunakan harus sesuai standar keselamatan dan nyaman. Hal itu jadi koreksi Pemkab Pemalang karena saat pemberangkatan bus Jemaah dari perusahaan tour travel haji tidak sesuai standar.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, harus ada pengecekan secara terperinci kondisi bus yang akan menjadi transportasi pengantar para jemaah haji asal Pemalang yang berpulang. Hal terpenting yaitu kondisi mesin, kabin, hingga kursi penumpang. Menurutnya, mereka harus mendapatkan fasilitas terbaik dari pemberangkatan maupun saat kepulangan.

Baca juga:  500 Warga Baru PSHT Dilantik

“Saya melihat kemarin pemberangkatan bus nya kurang layak dan itu jadi evaluasi untuk kami agar memeriksa kelayakannya sebelum pemberangkatan. Melalui Kemenag Pemalang kami sudah perintahkan biro perjalanan agar memilih bus yang baik,” tuturnya, belum lama ini.

Dari jadwal Kemenag, jemaah haji Pemalang di Embarkasi Solo diagendakan pada kloter 31 akan dipulangkan pada Minggu (30/6), pukul 23.45 waktu Mekkah dan sampai Indonesia hari ini (1/7) pukul 17.45. Dilanjutkan kloter 32 dan 33 pada 1 Juni pukul 07.15 pagi waktu Mekkah serta 13.20 siang waktu Mekkah. Sampai ke Indonesia pada Selasa (2/7) pukul 00.34 dini hari dan kloter terakhir pukul 06.40.

Baca juga:  Gaji PPPK Jadi Penyumbang Terbesar Kenaikan SILPA

Mansur berharap seluruh jemaah haji yang telah selesai melaksanakan ibadah akan sampai tujuan dengan selamat tanpa adanya kendala. Walaupun menurut catatan Embarkasi Solo, telah ada satu jemaah dari Pemalang yang meninggal dunia saat melaksanakan ibadah di tanah suci.

“Pasti kita berharap semua selamat dan pulang tanpa adanya kendala. Semoga ibadah haji yang telah ditunaikan diterima dan menjadi haji mabruk,” tuturnya.(fan/sam)