Kudus  

Pemdes Karangbener Dirikan BUMDes Wijaya Kusuma

MUSYAWARAH: Pemerintah Desa (Pemdes) Karangbener sedang melakukan musyawarah desa bersama perangkat desa di Balai Desa Karangbener, beberapa waktu lalu. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Desa (Pemdes) Karangbener, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus mengadakan musyawarah desa (Musdes) bersama seluruh perangkat desa, Rabu (26/6). Pada kesempatan itu mereka melakukan pendirian dan penetapan BUMDes Wijaya Kusuma.

Kepala Desa Karangbener, Arifin mengatakan, pendirian BUMDes ini merupakan arahan dari Kemendesa bahwa desa itu diharapkan ada BUMDes. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PAD).

“Desa kalau membutuhkan sesuatu ya harus bisa mandiri. Contohnya pembangunan fisik secara mandiri bisa melaksanakan pembangunan di luar dana desa yaitu dengan PAD. Dengan adanya BUMDes ini desa ini bisa mendapatkan penghasilan secara berkala,” tuturnya.

Baca juga:  Museum Kretek Ramaikan Pameran Museum di Monumen Pers Nasional

Sementara ini, pihaknya belum mengambil banyak kegiatan dulu. Menurutnya, yang paling utama BUMDes ini mendapat perlindungan hukum dulu. Selain itu masih diperlukan adanya pembuatan Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

“Kami sudah merencanakan jenis usaha dibidang sampah dan bank sampah. Melihat kemarin hasil rinciannya sudah sedikit ada hasilnya. Untuk bank sampah sendiri selama ini sudah berjalan sekitar 2 tahun. Namun dengan keterbatasan alat kita mungkin baru bisa berangkat dari sampah RT. Lalu kita kumpulkan jadi satu untuk dibuang ke TPA,” terangnya.

Arifin menyebutkan, pendirian BUMDes ini diberi penyertaan modal berupa barang 1 unit mobil seharga Rp 100 juta. Pelaksanaannya nanti harus mengurus badan hukum dulu. Diperkirakan bulan Agustus baru akan berjalan.

Baca juga:  Gempur Rokok Ilegal, Berswara Suguhkan 15 Karya

“Hasil kerja keras dari pengurus bisa membuahkan hasil yang maksimal. Semoga bisa menambah penghasilan desa sehingga kedepan bisa digunakan sebagai kepentingan bersama,” pungkasnya. (cr3/fat)